NEWS

Tips Sehat Finansial Yang Perlu Kamu Ketahui Agar Keuanganmu Terjaga!

Tim Makmur, 21 Juni 2022

Ilustrasi belanja online (Sumber: Photo Mix | Pixabay)

Di zaman saat ini, banyak fitur yang sangat memudahkan kita mulai dari pemesanan makanan yang semua dapat dilakukan dari media digital, maupun dalam hal bepergian yang pemesanannya juga dapat dilakukan dari berbagai layanan jasa digital. Semua dilakukan untuk memudahkanmu dalam hal menjalani hidup. 

Ada juga fitur “Buy Now Pay Later” yang sangat memudahkan kamu untuk dapat langsung merealisasikan impianmu dalam jangka waktu yang singkat, seperti ingin jalan-jalan ke benua Eropa atau ingin beli mobil dengan pinjaman langsung tunai dan lain sebagainya. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa fitur yang satu ini akan “menyiksamu” dikemudian hari apabila kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar pinjamanmu. 

Walau pinjaman bisa langsung diberikan, namun bunga pinjaman yang diterapkan relatif tinggi yaitu diatas 20% per tahun, ada juga yang mencapai 30%an per tahun. Bunga pinjaman ini sering terlihat kecil karena dikemas dalam hal per bulan yaitu 2%-3% per bulan namun dalam 12 bulan akan mencapai 24%-36% dan ini sangat menguras keuanganmu.

Terapkan “Investasi Sekarang, Nikmati Nanti”

Tips utama untuk menjaga kesehatan finansialmu yaitu dengan melakukan investasi Reksa Dana dimana nilai investasimu dapat bertumbuh dan kamu dapat membelanjakannya dikemudian hari ketika sudah mencapai nilai yang kamu harapkan.

Di dalam Reksa Dana pun sangat fleksibel karena kamu dapat mengukur tingkat toleransi risiko terhadap potensi hasil investasi yang dapat kamu inginkan.

Misalkan saat ini kamu memiliki uang Rp 1 juta dan ingin membeli barang senilai Rp 12 juta. Kamu pun mengambil keputusan untuk mengambil fitur “Buy Now Pay Later” dengan bunga pinjaman 3% per bulan. Uang yang kamu dapat sisihkan setiap bulan yaitu Rp 1 juta sehingga kamu memutuskan untuk mencicil pembayaran tersebut dengan periode maksimum 12 kali cicilan.

Perbedaan nominal yang dapat kamu lihat pada akhir bulan 12 yaitu:

Simulasi investasi berkala Rp 1 juta selama setahun yang dilakukan pada Reksa Dana Sucorinvest Stable Fund membuahkan hasil sebesar Rp 438.783 pada akhir bulan ke-12. Berbeda dengan skema “Buy now Pay later” (BNPL) yang mengkonsumsi lebih banyak dari harga normalnya.

Dari angka tersebut kamu malah harus mengeluarkan total biaya ekstra sebesar Rp 360.000 hingga pelunasan akhir. Ini pun apabila kamu selalu melakukan pembayaran tepat waktu sehingga bunga pinjamannya tidak digulung dengan pokok pinjaman yang tertunda. 

Jika dibandingkan dengan investasi Reksa Dana diatas, maka total perbedaan sebesar Rp 438.783 (extra tabungan) + Rp 360.000 (biaya yang sebenarnya kamu bisa hemat) = Rp 798.783 perbedaan untuk skema diatas.

Apabila memang kebutuhan mu tersebut tidak dapat kamu tunda dan belum memiliki uang kas, yah apa boleh buat, fitur BNPL akan membantu mu untuk merealisasikannya segera. Namun apabila kebutuhanmu dapat kamu tunda maka investasi Reksa Dana adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan kebutuhan masa depanmu yang lebih baik.

Yuk biasakan menabung Reksa Dana sejak dini di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur  

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur  

Baca juga: Reksa Dana Yang Cocok Saat Laju Inflasi Sedang Meroket!