NEWS

Tips Kelola Keuangan Keluarga Melalui Reksa Dana Bagi Ibu Rumah Tangga

Tim Makmur, 13 Mei 2022

Ilustrasi Ibu dan Anak (Sumber: Pixabay)

Dalam kehidupan berkeluarga, tidak sedikit Ibu Rumah Tangga yang memegang kendali atas keuangan keluarga, istilahnya Kementerian Keuangan Keluarga (K3). Karena memegang kunci keuangan keluarga, maka Ibu Rumah Tangga perlu dengan cermat dan berhati-hati dalam mengelolanya. 

Ragam pilihan investasi itu banyak, tapi Reksa Dana lah yang paling tepat untuk dapat mencapai tujuan keuangan keluarga dengan optimal.

Kenapa Reksa Dana jadi pilihan tepat untuk pengelolaan Keuangan Keluarga?

Seperti yang kita tahu, kebutuhan keluarga itu banyak, dimulai dari kebutuhan dadakan atau darurat, kebutuhan imunisasi anak, kebutuhan pendidikan anak dari SD hingga ke jenjang Universitas, kebutuhan kendaraan roda 4 (Mobil) untuk mobilisasi keluarga, kebutuhan kepemilikan rumah (bagi yang masih kontrakan) hingga kebutuhan apabila suami kamu nantinya telah memasuki usia pensiun.

Semua kebutuhan diatas dapat kamu capai dengan berinvestasi di Reksa Dana karena banyak ragam pilihannya yang kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Contoh Ilustrasi:

Umur Suami & Istri : 30 Tahun

Umur Anak Pertama : 3 Tahun

Umur Anak Kedua : 1 Bulan

1. Kebutuhan Dadakan & Imunisasi Anak

Karena anak kamu masih Balita, maka pasti ada kebutuhan imunisasi disetiap bulannya. Kamu bisa persiapkan kebutuhan imunisasi anak dan kebutuhan dadakan di Reksa Dana Pasar Uang (Risiko: Rendah) atau biasa disingkat dengan RDPU. Kenapa di RDPU? Karena selain risikonya rendah, kamu pun bisa cairkan dana kamu kapan saja. 

Selama kamu belum cairkan, kamu bisa mendapatkan pertumbuhan nilai investasi setiap harinya seperti contoh pada produk Reksa Dana Sucorinvest Money Market Fund dengan kinerja dalam 1 tahun terakhir per tanggal 11 Mei 2022 memberikan hasil investasi sebesar +5.05% Net (sudah tidak dipotong pajak lagi lho).

2. Kebutuhan Pendidikan Anak

Karena usia anak masih 3 tahun, maka untuk kebutuhan pendidikan anak yang dimulai pada 1 – 3 tahun mendatang maka kamu bisa persiapkan dengan investasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap (Risiko : Menengah – Rendah) atau biasa disingkat dengan RDPT.

Pilihan pun banyak untuk RDPT, seperti salah satunya ada Reksa Dana Sucorinvest Stable Fund yang memiliki hasil investasi sebesar +7.59% Net dalam 1 tahun terakhir per tanggal 11 Mei 2022.

3. Kebutuhan Kendaraan Roda 4 (Mobil)

Setiap keluarga tentu memimpikan untuk memiliki paling tidak 1 buah Mobil untuk dapat digunakan bersama keluarga. Misalnya kamu ingin mewujudkan mimpimu itu dalam 3 – 5 tahun mendatang, maka kamu bisa mencoba untuk berinvestasi di Reksa Dana Campuran (Risiko: Menangah – Tinggi) atau biasa disingkat dengan RDC.

Reksa Dana Campuran dikategorikan risiko menengah – tinggi karena portofolionya memiliki unsur Saham, namun untuk periode 3 – 5 tahun hasil pertumbuhannya bisa optimal, salah satu contohnya adalah Reksa Dana Trimegah Balanced Absolute Strategy dengan kinerja +74.8% Net dalam 3 tahun terakhir per 11 Mei 2022.

4. Kebutuhan Rumah & Dana Pensiun

Memiliki Rumah pribadi tentu menjadi impian setiap keluarga, namun tentu tidak serta merta bisa langsung didapatkan dalam jangka waktu yang singkat. Misalkan dalam 5 – 10 tahun kedepan kamu menginginkan rumah pribadi yang bisa kamu tempatin bersama keluarga tersayang, atau suami mu memiliki rencana Pensiun 15 – 20 tahun mendatang, maka kamu bisa memilih Reksa Dana Saham (Risiko: Tinggi) atau biasa disingkat dengan RDS.

Risiko Tinggi masih dapat tertolerir apabila tujuan kamu melakukan investasi untuk jangka waktu yang panjang alias lebih dari 5 tahun, contohnya ada Reksa Dana Sucorinvest Sharia Equity Fund yang memiliki kinerja +83.17% Net dalam 5 tahun terakhir per tanggal 11 Mei 2022.

Walau kinerja Reksa Dana diatas kamu dapat jadikan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan investasimu, namun sebagai “Smart Mom”, tentu kamu perlu ingat bahwa hasil investasi Reksa Dana diatas adalah kinerja masa lalu dan tidak dapat dijadikan patokan untuk masa depan.

Jadi bagi “Smart Mom”, yuk sesuaikan kebutuhan keluargamu dengan jenis Reksa Dana yang tepat agar kebutuhanmu semuanya bisa tercapai.

Yuk mulailah berinvestasi Reksa Dana di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link : Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Android : Play Store 

IOS : App Store 

Website : Makmur.id 

Baca juga : Bunga Tabungan vs Kinerja Reksa Dana, Mana Yang Lebih Baik?