NEWS

Bunga Tabungan vs Kinerja Reksa Dana, Mana Yang Lebih Baik?

Tim Makmur, 10 Mei 2022

Ilustrasi Celengan Tabungan (Sumber: Pixabay)

Dalam dunia keuangan, ada beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan utama kita-kita para nasabah, selain dari keamanan, tentu bunga tabungan atau hasil investasi menjadi hal kedua yang menjadi prioritas utama kita. Lantas, mana yang lebih baik diantara keduanya?

Bunga Tabungan

Tabungan merupakan salah satu produk utama perbankan yang bisa dikatakan instrumen yang paling aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp 2 Miliar per nasabah per bank. Namun tidak semua dijamin oleh LPS karena tidak semua memenuhi syarat 3T LPS yaitu:

1. Tercatat dalam pembukuan bank.

2. Tingkat bunga simpanan yang diterima nasabah tidak melebihi tingkat bunga penjaminan LPS. 

3. Tidak melakukan tindakan yang merugikan bank, misalnya memiliki kredit macet.

Pada umumnya kita-kita sebagai nasabah bisa saja memenuhi syarat nomor 1 dan 3, namun untuk syarat nomor 2 kadang tidak terpenuhi sehingga penjaminannya pun tidak ada. Suku bunga Penjaminan mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia yang saat ini diangka 3.50%, hal ini berarti setiap bank yang menawarkan bunga tabungan atau bahkan Deposito diatas 3.50% tidak akan mendapatkan jaminan oleh LPS.

Keunggulan:

1. Bisa digunakan kapan saja

2. Bisa tarik tunai

3. Dijamin oleh LPS dengan syarat 3T

Kelemahan:

1. Bunga tabungan cenderung kurang kompetitif

2. Ada pajak bunga tabungan sebesar 20% yang harus dibayarkan ketika pelaporan Pajak Tahunan (Contoh Bunga 7%, nilai Nett nya adalah 5.6%)

Kinerja Reksa Dana

Reksa Dana merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat cocok untuk pemula, karena selain ragam nya yang banyak, investasi Reksa Dana bisa disesuaikan dengan tujuan finansial mu seperti untuk Dana Darurat, Biaya Nikah, Biaya Pendidikan Anak atau bahkan bisa juga untuk persiapan Dana Pensiunmu.

Besaran kinerja Reksa Dana bervariasi tergantung tingkat risiko yang dipilih oleh nasabah contohnya seperti:

1. Reksa Dana Pasar Uang (Risiko: Rendah)

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Risiko: Menengah-Rendah)

3. Reksa Dana Campuran (Risiko: Menengah-Tinggi)

4. Reksa Dana Saham (Risiko: Tinggi)

Yang dimaksud dengan risiko disini yaitu risiko penurunan nilai investasi alias bisa minus. Bagi kalian yang tidak suka risiko tinggi, bisa coba Reksa Dana Pasar Uang atau Reksa Dana Pendapatan Tetap yang memiliki kinerja yang cukup kompetitif seperti contoh dalam 1 tahun terakhir per tanggal 9 Mei 2022: Reksa Dana Danamas Rupiah Plus memberikan hasil investasi sebesar +4.22% dan Reksa Dana Sucorinvest Stable Fund sebesar +7.67%

Bagi kalian yang suka tantangan alias yang lebih berisiko, bisa coba Reksa Dana Campuran seperti Trimegah Balanced Absolute Strategy yang memberikan hasil investasi +79.94% dalam 3 tahun terakhir atau Reksa Dana Saham Sucorinvest Sharia Equity Fund dengan hasil investasi +80.80% dalam 5 tahun terakhir.

Reksa Dana termasuk instrumen investasi yang aman, karena portofolio investasi semuanya disimpan dan di administrasikan oleh Bank Kustodian seperti Bank BCA, Bank CIMB Niaga, Bank BRI dan lain sebagainya. 

Keunggulan:

1. Hasil investasi kompetitif

2. Hasil investasi Bukan Obyek Pajak (Sudah Nett)

3. Bisa dicairkan kapan saja

4. Bisa investasi mulai dari Rp 10 Ribu

5. Aset investasi Aman karena disimpan di Bank Kustodian

Kelemahan:

1. Reksa Dana tidak dapat digunakan untuk pembayaran langsung seperti pembayaran tagihan listrik dan lain sebagainya.

2. Dana pencairan Reksa Dana masuk ke Rekening paling cepat 1 hari bursa dan paling lambat 7 hari bursa sejak instruksi pencairan dilakukan.

Jadi karena masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, maka kalian dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Apabila kalian ingin berinvestasi maka Reksa Dana adalah pilihan yang paling tepat.

Yuk mulailah berinvestasi Reksa Dana di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link : Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Android : Play Store 

IOS : App Store 

Website : Makmur.id 

Baca juga : Ilustrasi Jalan Tol Dalam Dunia Investasi Reksa Dana