NEWS

Tahukah Kamu Apa Saja Faktor Penentu Pergerakan NAB Reksa Dana? Yuk Simak Artikel Berikut!

Tim Makmur, 30 Mei 2022

Ilustrasi Hitung NAB (Sumber: Steve Buissinne | Pixabay)

Kerap kali dalam investasi Reksa Dana kamu mendengar istilah Nilai Aktiva Bersih atau yang biasa disingkat dengan NAB. Di dalam Reksa Dana, NAB menggambarkan besaran total nilai kekayaan bersih Reksa Dana tersebut. 

NAB sendiri jika dibagi dengan jumlah Unit Penyertaan (UP) yang beredar maka akan mendapatkan suatu harga yang sering kita lihat sebagai harga Reksa Dana, NAB / UP.

Apa saja faktor penentu pergerakan NAB?

Dalam pengelolaan Reksa Dana, Manajer Investasi akan mengelola Reksa Dana di berbagai instrumen seperti Saham, Obligasi dan lain sebagainya. Dalam pengelolaan tersebut tentu ada yang untung dan mungkin saja ada yang secara nilainya berkurang. Dari seluruh pengelolaan Reksa Dana tersebut, yang akan menghitung Nilai Aktiva Bersihnya adalah Bank Kustodian (BK).

NAB selalu dihitung oleh BK setiap hari setelah penutupan pasar modal (hari bursa) yaitu pasar uang, pasar obligasi maupun pasar saham. Pada umumnya, BK menghitung aktivitas harian Reksa Dana pada sore hingga malam hari dan akan mengumumkan NAB dihari itu atau paling lambat jam 10.00 WIB di keesokan harinya. Apa saja yang dihitung oleh BK?

1. Nilai Penutupan Pasar

Setiap penutupan Pasar Modal, BK akan menghitung nilai penutupan untuk setiap emiten di dalam Reksa Dana.

Misalnya Reksa Dana Saham AAA memiliki 120 Ribu lembar saham BBCA, BBRI dan BBNI maka BK akan melakukan perhitungan nilai penutupan pasar untuk seluruh emiten saham di Reksa Dana tersebut:

BBCA = 120.000 x 8000 = 960 juta

BBRI = 120.000 x 4500 = 540 juta

BBNI = 120.000 x 9000 = 1,08 milyar

Jika Reksa Dana AAA memiliki 20 emiten saham maka BK wajib melakukan perhitungan untuk 20 emiten tersebut. Nilai penutupan pasar akan dijumlahkan sehingga mendapatkan nilai penutupan pasar untuk Reksa Dana tersebut.

2. Nilai Transaksi Reksa Dana

Selain mencatat nilai penutupan pasar, BK akan juga memperhitungkan setiap transaksi yang dilakukan sepanjang jam transaksi pasar modal entah untung atau rugi yang telah direalisasikan. 

Misalnya Reksa Dana Saham AAA melakukan transaksi jual & beli di emiten BBCA sebanyak 15 kali dalam 1 hari bursa, hasil keuntungan yang didapatkan dari transaksi tersebut mencapai Rp 200 juta, maka BK akan mencatatkan pertambahan nilai tersebut ke NAB Reksa Dana.

3. Dividen Saham

Besaran dividen ditentukan dari seberapa banyak lebar saham yang dimiliki oleh Reksa Dana. Apabila emiten yang dimiliki Reksa Dana membagikan dividen, maka nilai dividen tersebut akan dicatatkan sebagai pendapatan Reksa Dana yang turut meningkatkan NAB Reksa Dana tersebut.

Misalnya Reksa Dana AAA memiliki 2 emiten (BBCA & TLKM) yang kebetulan membagikan dividen dihari tersebut masing-masing sebesar Rp 100 juta & Rp 40 juta, maka nilai Rp 140 juta tersebut akan dicatatkan sebagai pendapatan Reksa Dana.

4. Kupon Obligasi dan Bunga Bank

Sama halnya seperti dividen saham, kupon obligasi atau bunga bank bisa didapatkan secara rutin apabila Reksa Dana tersebut memiliki surat utang negara / swasta dan deposito bank. Pada umumnya pembayaran kupon obligasi dilakukan setiap 3 bulan atau 90 hari kalender, sedangkan deposito bank sesuai dengan jangka waktu depositonya.

Misalnya Reksa Dana Campuran AAA memegang 2 surat utang (Indosat & Astra Internasional) dan 1 deposito Bank Mandiri yang kebetulan membagikan kupon dan bunga dihari tersebut masing-masing sebesar Rp 50 juta, Rp 50 juta dan Rp 8 juta, maka nilai Rp 108 juta tersebut akan dicatatkan sebagai pendapatan Reksa Dana.

5. Beban Reksa Dana

Selain memperhitungkan arus pendapatan Reksa Dana, BK juga turut memperhitungkan beban Reksa Dana seperti biaya Manajer Investasi, biaya Bank Kustodian, biaya Audit tahunan, biaya cetak Prospektus, biaya promosi, biaya transaksi saham/obligasi, biaya materai, pajak, dan biaya lain-lainnya.

Apabila biaya-biaya tersebut merupakan biaya tahunan maka pada umumnya akan di proratakan per hari sehingga biaya tersebut dapat dicatatkan menjadi faktor pengurang NAB suatu Reksa Dana.

Setelah menghitung seluruh faktor diatas, Bank Kustodian akan mendapat Nilai Aktiva Bersih atas Reksa Dana tersebut dan akan menginformasikannya ke publik. Jadi begitulah proses perhitungan NAB yang akan terjadi di setiap hari Bursanya.

Yuk mulailah berinvestasi Reksa Dana di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Android: Play Store 

IOS: App Store 

Website: Makmur.id 

Baca juga: Strategi Terbaik Ketika Melihat Portofolio Reksa Dana Saham Minus