NEWS

Strategi Terbaik Ketika Melihat Portofolio Reksa Dana Saham Minus

Tim Makmur, 19 Mei 2022

Ilustrasi Strategi (Sumber: Pixabay)

Dalam dunia investasi tentu ada yang namanya untung atau rugi, entah itu sudah direalisasikan ataupun belum, namun ketika kita sebagai investor melihat portofolio Reksa Dana Saham berwarna merah alias minus, maka tentu sebagian investor pemula akan merasa cemas & panik.

Rasa cemas & panik bisa saja timbul karena sebelum-sebelumnya belum pernah mengalami kerugian ataupun melihat portofolio minus, atau bisa juga karena tidak tahu apa yang harus dilakukan disaat melihat kinerja Reksa Dana Saham mu berwarna merah.

Strategi dan Solusi Mengatasi Portofolio Merah

Yang perlu kamu ketahui bahwa penurunan nilai investasi itu wajar terutama Reksa Dana yang berisikan instrumen Saham seperti Reksa Dana Campuran (RDC) dan Reksa Dana Saham (RDS). Ingat, jangan panik dan tetaplah berpikir jernih dalam mengambil keputusan investasi agar kamu tidak salah dalam melangkah. Berikut strategi untuk mengatasi portofolio Reksa Dana mu yang merah:

1. Ingat Kembali Tujuan Investasi Kamu

Kinerja RDC dan RDS sangat berfluktuatif untuk jangka waktu yang singkat, bisa saja minus bisa saja “terbang”, namun untuk jangka waktu panjang cenderung memberikan hasil investasi yang optimal. 

Perlu kamu ketahui agar hasil investasi mu lebih optimal maka investasi di RDC disarankan 3 – 5 tahun dan di RDS dengan jangka waktu lebih dari 5 tahun

Tujuan investasi untuk kedua jenis Reksa Dana tersebut pada umumnya digunakan untuk mempersiapkan Dana Pendidikan Anak hingga kebutuhan Dana Pensiun. Jadi ingat-ingat lagi, kamu investasi di kedua jenis ini untuk apa nih Sobat Makmur?

2. Dollar Cost Averaging (DCA)

Dollar Cost Averaging (DCA) merupakan strategi investasi diharga yang lebih rendah untuk menurunkan harga rata-rata mu yang mungkin “nyangkut” diharga atas. Ini merupakan salah satu strategi terbaik untuk mempercepat portofolio kamu untuk mencapai warna hijau alias keuntungan.

Contoh:

Mamat beli 100 unit RDS di harga Rp 2000 / unit. Seminggu kemudian harga RDS tersebut turun ke harga Rp 1500 / unit. Si Mamat mengalami kerugian yang belum direalisasi sebesar minus -25%.

Mamat menggunakan strategi DCA dan kemudian membeli lagi 100 unit RDS di harga 1500 / unit sehingga harga rata-rata Mamat yaitu sebesar Rp 1750 / unit, tetap masih minus dong yah. Namun seminggu kemudian harga RDS tersebut rebound alias naik kembali ke harga Rp 1850 / unit. Mamat pun dapat merealisasikan penjualan RDS nya dengan keuntungan sebesar +5,71%.

3. Tunggu hingga harganya kembali naik (Hold)

Ini salah satu cara yang bisa kamu lakukan apabila kamu tidak dapat melakukan DCA dikarenakan hampir semua dana investasimu sudah kamu investasikan seluruhnya. 

Berbeda dengan menunggu harga Saham hingga naik, RDC & RDS ini dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional yang dapat mengatur portofolio Reksa Dana tersebut termasuk dalam memperjualbelikan isi portofolio Saham didalamnya sehingga kinerja RDC & RDS tentu akan maksimal.

4. Investasi Rutin Setiap Bulannya

Metode ini merupakan Metode yang mirip dengan DCA namun metode ini tidak memandang harga Reksa Dana sedang murah atau lagi mahal. Metode investasi rutin ini membantu kamu untuk mendapatkan harga rata-rata berjalan dan sangat efektif untuk jangka panjang apabila kamu lakukan secara konsisten.

Apabila harga rata-rata mu sedang diatas alias portofolio kamu merah, bisa saja di bulan-bulan berikutnya malah akan berbalik menjadi hijau apabila kamu konsisten terus menerapkan metode ini. 

Yuk mulailah berinvestasi Reksa Dana di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Android: Play Store 

IOS: App Store 

Website: Makmur.id 

Baca juga: Tips Kelola Keuangan Keluarga Melalui Reksa Dana Bagi Ibu Rumah Tangga