NEWS

Reksa Dana Pendapatan Tetap Dengan Kinerja Stabil, Mungkin kah Ada?

Tim Makmur, 06 Juni 2022

Ilustrasi lurus atau stabil (sumber: Pexels from Pixabay)

Setiap investor tentu ingin berinvestasi dengan tenang, tanpa dag-dig-duh alias dihantui perasaan cemas atas investasinya. Apakah ada Reksa Dana khususnya jenis Pendapatan Tetap yang memiliki kinerja yang stabil?

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa yang namanya investasi itu pasti ada risikonya, baik itu investasi emas, rumah, saham, kripto, maupun Reksa Dana. Besaran risiko Reksa Dana tergantung dari jenis Reksa Dana yang sudah dipilah-pilah cara pengelolaannya oleh Manajer Investasi yaitu Reksa Dana Pasar Uang (Risiko Rendah), Reksa Dana Pendapatan Tetap (Risiko Menengah – Rendah), Reksa Dana Campuran (Risiko Menengah – Tinggi), Reksa Dana Saham (Risiko Tinggi). 

Yang dimaksudkan dengan risiko disini yaitu risiko penurunan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan Reksa Dana atau yang biasa diistilahkan sebagai harga Reksa Dana. 

Baca juga: Tahukah Kamu Apa Saja Faktor Penentu Pergerakan NAB Reksa Dana? Yuk Simak Artikel Berikut!

List Reksa Dana Pendapatan Tetap Yang Memiliki Kinerja Stabil

Kalau berbicara Reksa Dana Pasar Uang, tentu memiliki kinerja yang relatif stabil, namun apakah ada Reksa Dana Pendapatan Tetap yang memiliki kinerja Stabil? Yuk lihat sebagai berikut.

1. Danamas Stabil

Reksa Dana ini milik Sinarmas Asset Management yang sangat digemari oleh para investor. Danamas Stabil memiliki keunikan dalam pengelolaannya, kalau dilihat dari kinerjanya bisa dikatakan sangatlah stabil. Dari grafik historikal diatas, dalam 5 tahun Danamas Stabil konsisten memberikan kinerja pertumbuhan yang sangatlah stabil sebesar +40.12%.

Bahkan sejak peluncurannya tahun 2005 hingga akhir bulan April 2022, Danamas Stabil konsisten berkinerja stabil dengan total pertumbuhan +315.04%.

2. Sucorinvest Stable Fund

Reksa Dana Sucorinvest Stable Fund bisa dikatakan masih tergolong cukup muda. Reksa Dana milik Sucorinvest Asset Management ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2020, namun akhir-akhir ini menjadi sangat popular di kalangan investor. Dengan grafik kinerja yang stabil dan juga hasil investasi yang kinclong membuat investor terpanah di Reksa Dana Sucorinvest Stable Fund ini. Dalam 1 tahun terakhir, Reksa Dana ini mencatatkan pertumbuhan sebesar +7.54%.

3. Danamas Pasti

Danamas Pasti merupakan Reksa Dana milik Sinarmas Asset Management yang pengelolaannya mirip dengan Danamas Stabil, hanya saja Danamas Pasti lebih terjangkau dibanding Danamas Stabil karena minimal pembeliannya yang cukup ritel yaitu Rp 500 Ribu. Dari grafik kinerja diatas, dalam kurun 5 tahun terakhir, Danamas Pasti mengalami pertumbuhan sebesar +37.26%.

Reksa Dana ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dan sudah hampir berumur 20 tahun. Dengan grafik kinerja yang stabil, Reksa Dana ini juga menjadi pilihan investor ritel.

4. Sucorinvest Sharia Sukuk Fund

Reksa Dana Sucorinvest Sharia Sukuk Fund ini masih sangatlah muda karena belum mencapai umur 1 tahun. Reksa Dana milik Sucorinvest Asset Management pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2021. Dari rentang 6 bulan, awal Januari 2022 hingga Juni 2022, Reksa Dana ini mencatatkan pertumbuhan sebesar +2.81%. Uniknya adalah kinerja dari Reksa Dana yang berisikan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini sangatlah stabil.

Yang perlu kamu ingat bahwa semua kinerja Reksa Dana yang kamu lihat diatas merupakan kinerja masa lalu dan tidak mencerminkan kinerja masa depan, namun kamu bisa jadikan untuk bahan pertimbangan sebelum membeli suatu Reksa Dana.

Yuk mulai berinvestasi Reksa Dana di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Android: Play Store 

IOS: App Store 

Website: Makmur.id 

Baca juga: Instrumen Investasi Yang Dijamin Aman, Apakah Ada?