NEWS

Pentingnya Diversifikasi Dalam Pilihan Produk Reksa Dana!

Tim Makmur, 28 Juni 2022

Ilustrasi Diversifikasi (Sumber: Alexandra_Koch | Pixabay)

Mengenai pilihan produk investasi itu sangatlah banyak, ada emas, properti, deposito, saham, kripto dan Reksa Dana. Semua ada keunggulan dan kelemahan serta risikonya masing-masing, begitu pula di dalam Reksa Dana yang terbagi dari beberapa jenis berdasarkan tingkat risikonya.

Terkadang jika kita sudah senang dengan satu produk Reksa Dana, kita akan menaruh seluruh isi kantong kita ke satu produk tersebut. Apakah hal tersebut tepat?

Kita perlu mengetahui alasan kenapa diversifikasi produk itu penting:

1. Mengurangi risiko penurunan nilai portofolio

Bagi investor dengan profil agresif alias suka tantangan dan risiko tinggi, tentu sangat perlu untuk melakukan diversifikasi produk Reksa Dana. Walau dalam pengelolaan suatu Reksa Dana, Manajer Investasi telah melakukan diversifikasi efek, namun kinerja Reksa Dana di setiap Manajer Investasi bisa saja berbeda-beda. 

Memiliki lebih dari satu Reksa Dana memiliki tujuan agar apabila kinerja salah satu Reksa Dana yang kamu pilih kebetulan sedang kurang baik, ada Reksa Dana lainnya yang dapat menutupi kekurangan dari Reksa Dana tersebut.

2. Menghindari ketergantungan

Senang dengan satu produk memang hal yang baik, namun apabila kamu hanya mengandalkan kinerja produk tersebut, bisa saja ketika lagi “apes-apes”nya malah adanya kamu akan trauma rugi karena kinerjanya tiba-tiba anjlok.

Apabila di Reksa Dana A kamu sedang mengalami penurunan nilai investasi dan berharap agar kinerjanya kembali membaik, ya boleh-boleh saja, namun apabila hal tersebut mengganggu aktivitas keseharianmu, maka sangat disarankan agar kamu menambah produk Reksa Dana lainnya untuk setidaknya dapat menutupi penurunan nilai Reksa Dana A.

3. Mendapat pengalaman investasi

Melakukan diversifikasi produk Reksa Dana juga dapat menambah pengalaman investasi mu. Bagi kamu yang suka jenis Pasar Uang dan ingin mencoba jenis Pendapatan Tetap, tentu kamu akan mendapatkan pengalaman baru dengan tingkat hasil investasi & risiko yang berbeda. Hal tersebut akan membuatmu semakin paham mengenai investasi Reksa Dana.

Yuk diversifikasikan portofolio Reksa Dana milikmu bersama aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Berapa Besar Dana Yang Kamu Butuhkan Dimasa Pensiunmu?