NEWS

Berapa Besar Dana Yang Kamu Butuhkan Dimasa Pensiunmu?

Tim Makmur, 24 Juni 2022

Ilustrasi Masa Pensiun (Sumber: Susanne Pälmer | Pixabay)

Dalam siklus hidup, ada masa dimana kehidupanmu bergantung pada orang tua, ada masa dimana kamu sudah berdikari mampu menghidupi dirimu sendiri, ada masa kamu perlu menghidupi keluargamu termasuk anakmu dan juga ada masa dimana kamu perlu menghidupi dirimu beserta pasanganmu disaat kamu sudah pensiun.

Tentu disaat kamu masih kuat dan produktif bekerja, kamu belum mau berpikir kehidupanmu kelak disaat kamu pensiun. YOLO, you only live once, istilah yang sering digunakan oleh generasi muda untuk menikmati hidupnya selagi masih bisa. 

Setelah menikmati hidup dimasa muda, apakah ingin merepotkan keluarga disaat kelak sudah memasuki usia pensiun? 

Sayang Keluarga Dengan Persiapkan Dana Pensiunmu Sejak Dini

Ingatlah bahwa dana pensiun itu beda dengan dana untuk biaya anak. Biayain anak itu sudah kewajiban orang tua, namun biaya hidupmu disaat kamu sudah pensiun itu juga tetap tanggung jawab mu sebagai orang tua yang baik.

Walau sebagai anak ada kewajiban untuk menjaga dan menghidupi orang tuanya, namun sebagai orang tua yang baik tentu tidak ingin melihat anaknya direpotkan, setuju? Lantas berapa besar biaya yang perlu disiapkan untuk masa pensiun?

Apabila saat ini kamu masih berusia 25 tahun, maka batas maksimum usia pensiun mu berada diumur 65 tahun. Pada umumnya ketika kamu telah berumur 65 tahun, anakmu sudah dapat berdikari alias bisa menghidupi dirinya sendiri. Dengan kata lain, biaya tanggunganmu hanyalah dirimu dan istrimu.

Contoh biaya di usia 65 tahun total sebesar 10 juta per bulan atau 120 juta per tahun. Contoh usia masih bisa mencapai 3 digit alias 100 tahun, dengan artian ada 35 tahun yang perlu kamu persiapkan tanpa adanya penghasilan.

35 tahun x 120 juta = Rp 4,2 Milyar

Maka total dana yang perlu kamu persiapkan yaitu Rp 4,2 Milyar.

Bagaimana mempersiapkan dana untuk masa pensiun?

Karena sifatnya adalah investasi untuk jangka waktu yang sangat panjang, maka instrumen investasi yang paling tepat adalah Reksa Dana Saham (RDS). Dari macam-macam produk RDS pun kamu perlu tentukan dengan pilihan yang tepat karena tidak semua RDS memiliki performa yang baik. 

Contoh:

Usia saat ini: 25 Tahun

Usia produktif: 40 Tahun lagi

Investasi RDS: Rp 1 juta/bulan

Asumsi average return tahunan RDS: 10%

Walau return RDS tidak ada yang fixed atau pasti, namun untuk jangka waktu yang panjang berpotensi memberikan hasil yang sangat optimal. Dari contoh simulasi investasi diatas, cukup dengan rutin investasi Rp 1 juta setiap bulannya selama 40 tahun, total uang yang kamu investasikan Rp 480 juta telah bertumbuh nilainya pada akhir tahun ke-40 hingga mencapai Rp 5,59 Milyar.

Dengan kata lain, dengan melakukan strategi investasi yang rutin, kamu berpotensi untuk dapat mencukupi kebutuhan pensiunmu sebesar Rp 4,2 Milyar sesuai contoh diatas.

Yuk sayangi keluargamu dan mulailah menyiapkan dana pensiunmu sejak dini bersama aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Tips Sehat Finansial Yang Perlu Kamu Ketahui Agar Keuanganmu Terjaga!