NEWS

Kenapa Investasi Reksa Dana Jadi Pilihan Tepat untuk Ibu Rumah Tangga?

Tim Makmur, 22 Juni 2023

Sebagai seorang ibu rumah tangga memiliki tugas dan tanggung jawab yang beragam dari mengurus keluarga, mendidik hingga mengurus anak. Dari banyak peran yang harus dijalankan bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa melibatkan diri dalam dunia investasi. 

Apalagi ibu rumah tangga sering mendapat julukan “menteri keuangan” dalam sebuah keluarga. Selain mengelola uang ibu rumah tangga juga harus mulai memilih instrumen investasi yang cocok.

Salah satu investasi yang cocok dipilih oleh ibu rumah tangga yaitu Reksa Dana. Ada banyak manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh Reksa Dana.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Manajer Investasi yang Baik?  

Mengapa Investasi Reksa Dana?

Beberapa manfaat investasi Reksa Dana:

1. Fleksibilitas dan Keterjangkauan

Investasi Reksa Dana menawarkan fleksibilitas yang tinggi yang tidak banyak dimiliki oleh aset investasi lainnya. Apalagi sebagai ibu rumah tangga yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengurus keluarga dan lainnya.

Fleksibilitas yang dimiliki oleh Reksa Dana adalah menyediakan berbagai jenis Reksa Dana yang memiliki waktu investasi dari pendek hingga jangka panjang, sehingga akan memudahkan ibu rumah tangga dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Selain itu, Reksa Dana memiliki batasan nominal yang terjangkau. Di aplikasi Makmur, kamu bisa membeli Reksa Dana hanya dari Rp 10 ribu. Sehingga akan memudahkan ibu rumah tangga untuk memulai investasi tanpa butuh modal yang besar terlebih dahulu. 

Apalagi ibu rumah tangga wajib mengelola uang dengan baik agar dapat sesuai dengan tujuan keuangan yang dimiliki.

2. Dikelola oleh Profesional

Salah satu keunggulan Reksa Dana adalah adanya tim manajer investasi yang berpengalaman dan profesional. Tim ini akan mengelola dana investasi dengan mempertimbangkan risiko dan peluang yang ada. 

Sebagai ibu rumah tangga, kamu mungkin tidak memiliki waktu dan pengetahuan yang cukup untuk melakukan analisis investasi yang mendalam. Dalam hal ini, Reksa Dana dapat menjadi solusi karena mengandalkan tenaga ahli yang akan mengoptimalkan keuntungan investasi Anda.

3. Diversifikasi Investasi

Berbeda dengan investasi lainnya, Reksa Dana juga memberikan diversifikasi aset dalam satu produknya. Biasanya manajer investasi akan membagi dan mengelola uang ke dalam berbagai aset investasi seperti saham, obligasi, dan pasar uang. 

Dengan diversifikasi yang baik, risiko investasi dapat tersebar sehingga mengurangi kemungkinan kerugian besar. Hal ini penting bagi ibu rumah tangga yang tidak ingin terjebak dalam investasi yang memiliki berisiko tinggi.

4. Kemudahan Akses dan Transparansi Investasi 

Saat ini Reksa Dana dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun bisa dilakukan hanya dari rumah menggunakan handphone. Kemudahan akses ini menjadi faktor utama yang bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga tanpa harus repot keluar rumah.

Mengelola investasi pun menjadi lebih mudah karena akses investasi yang transparan dapat dipantau langsung oleh ibu rumah tangga setiap harinya. Setiap bulannya, Manajer Investasi juga memberikan data transparansi berupa Fund Fact Sheet terhadap produk investasi yang dikelola sehingga menjadi lebih mudah untuk dipantau.

Dalam kesimpulannya, investasi Reksa Dana merupakan pilihan yang tepat bagi ibu rumah tangga yang cerdas. Fleksibilitas, keterjangkauan, profesionalisme, diversifikasi, kemudahan akses dan transparansi. Dengan memanfaatkan Reksa Dana, ibu rumah tangga dapat melibatkan diri dalam dunia investasi dan mengoptimalkan keuangan keluarga dengan bijak.

***

Yuk mulai investasi Reksa Dana di Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id