NEWS

Bagaimana Cara Memilih Manajer Investasi yang Baik?

Tim Makmur, 19 Juni 2023

Kini generasi milenial dan generasi Z semakin menyadari pentingnya mengelola investasi. Apalagi saat ini alternatif produk investasi semakin banyak. Salah satunya yang digemari oleh generasi milenial dan Z adalah investasi Reksa Dana.

Sebelum memulai investasi Reksa Dana, salah satu langkah penting adalah dengan memilih manajer investasi yang baik. Manajer investasi yang kompeten dapat membantu mengelola dana kamu, mengoptimalkan keuntungan, dan meminimalkan risiko. 

Namun, dengan begitu banyak puluhan Manajer Investasi saat ini yang tersedia, Bagaimana cara memilih manajer investasi yang baik? 

Baca Juga: Butuh Uang buat Keadaan Darurat? Pakai Fitur Same Day Jual Reksa Dana dalam Sehari  

Pengertian Manajer Investasi

Manajer Investasi adalah pengelola dana investasi yang merupakan individu atau perusahaan yang secara profesional mengelola dana investasi atas nama investor. Tugas utama seorang manajer investasi adalah mengelola portofolio investasi dengan tujuan untuk mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko.

Manajer investasi dapat mengelola berbagai jenis aset investasi, seperti saham, obligasi, real estate, dana pensiun, dan produk investasi lainnya ke dalam satu produk yang bernama Reksa Dana. Sehingga dengan berbagai jenis aset investasi yang dikelola maka uang yang dikumpulkan dari hasil pemberian investor akan dikelola dengan sebaik-baiknya. 

Cara Memilih Manajer Investasi

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam memilih Manajer Investasi yang tepat.

1. Lakukan Riset dan Evaluasi

Lakukan riset tentang manajer investasi yang ada saat ini. Periksa kualifikasi, izin usaha, pengalaman, dan kinerja masa lalu mereka. 

Tinjau rekam jejak mereka dalam mengelola dana investasi dan perhatikan apakah konsisten menghasilkan kinerja yang baik dalam beberapa tahun terakhir. Kamu juga dapat melihat apakah mereka memiliki penghargaan atau pengakuan di industri investasi. 

Selain itu, periksa apakah Manajer Investasi tersebut terdaftar dan diawasi oleh otoritas yang berwenang seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia.

Jangan sampai terjebak investasi bodong dengan tidak melakukan riset yang optimal. Memiliki izin usaha dan terdaftar di lembaga terpercaya menjadi salah satu cara yang aman dan tepat untuk memilih Manajer Investasi.

2. Tinjau Berbagai Macam Biaya

Meninjau berbagai macam biaya yang ada selama berinvestasi Reksa Dana di salah satu Manajer Investasi merupakan faktor yang penting. Seperti biaya manajemen dan biaya transaksi. 

Pastikan bahwa biaya tersebut wajar dan sesuai dengan kinerja yang dihasilkan. Perhatikan pula konsistensi kinerja mereka dalam jangka waktu yang cukup lama. Hindari memilih manajer investasi yang hanya mengandalkan kinerja yang tinggi dalam jangka pendek, tetapi tidak konsisten dalam jangka panjang.

3. Komunikasi dan Keterbukaan Publikasi

Komunikasi yang baik antara kamu dan manajer investasi sangat penting. Pastikan manajer investasi tersebut dapat menjawab pertanyaan kamu dengan jelas dan memberikan informasi yang akurat tentang kinerja investasi Reksa Dana. 

Cek juga informasi keterbukaan mengenai produk reksa dana hingga track record dari Manajer Investasi. Manajer investasi yang baik selalu memiliki berita di media yang positif. Hati-hati dan hindari jika banyak keterbukaan informasi yang buruk.

Pastikan pilih Manajer Investasi yang tidak bermasalah dengan hukum ataupun pihak-pihak tertentu agar uangmu lebih aman dan anti was-was.

4. Cari Rekomendasi dari Orang Terdekat

Mencari rekomendasi dan pendapat dari orang lain dapat memberikan wawasan tambahan dalam memilih manajer investasi yang baik. Tanyakan kepada teman, keluarga, atau rekan kerja yang telah berpengalaman dalam berinvestasi. 

Selain itu, kamu juga dapat membaca ulasan dan penilaian yang diberikan oleh ahli keuangan atau platform investasi terpercaya. 

Memilih manajer investasi yang baik merupakan langkah penting dalam mencapai tujuan keuanganmu. Dengan melakukan beberapa cara diatas akan membantumu untuk dapat menemukan manajer investasi yang baik tepat.

***

Yuk mulai investasi Reksa Dana di Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id