NEWS

Bagaimana Cara Kerja Reksa Dana Indeks?

Tim Makmur, 05 Juli 2022

Ilustrasi Indeks Saham

Dalam dunia Reksa Dana, aneka ragamnya sangatlah luas mau dari jenis pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Semua ditujukan untuk memudahkan investor dalam hal memilih investasi yang sesuai dengan tingkat risikonya masing-masing. Risiko dalam artian ini adalah risiko penurunan nilai investasi.

Di dalam Reksa Dana Saham (RDS) pun banyak variannya, namun dari sisi strategi pengelolaannya dapat dibagi menjadi 2 cakupan besar yaitu strategi pengelolaan aktif dan pasif. Variasi dalam strategi pengelolaan aktif pun sangatlah banyak seperti Bottom-Up maupun Top-Down analisis, Beta analisis, Dividen basis, Fundamental analisis, Teknikal Analisis dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut digunakan sebagai pertimbangan dalam hal menentukan arah dan keputusan investasi.

Berbeda halnya dengan strategi pengelolaan pasif yang dimana suatu RDS akan mengikuti kinerja indeks yang jadi acuannya. Bagaimana bisa?

Reksa Dana Indeks

Sesuai dengan namanya, Reksa Dana Indeks merupakan Reksa Dana yang dibuat khusus yang dimana pengelolaannya mengikuti kinerja indeks acuannya. Misalkan di Indonesia kita mengetahui ada beberapa daftar indeks pasar saham sebagai turunan dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) seperti Indeks LQ45, Indeks IDX30, Indeks SRI KEHATI, Indeks Sektoral (Konsumer, Komoditi, dsb.), Indeks Syariah dan lain sebagainya.

Dalam pengelolaannya sendiri, Manajer Investasi diberikan keleluasan untuk dapat menentukan bobot emiten di portofolio dengan rentang 80% hingga 120%. Maksudnya apa? Misalkan dalam suatu indeks tertentu telah diatur bobot emiten BBRI sebesar 10%, Manajer investasi bisa mengaturnya sama persis di angka 10% namun bisa juga diatur dengan batas bawah (80%x10%) sebesar 8% atau dengan batas atas (120%x10%) sebesar 12%. Hasil pengaturan tersebut bisa kita lihat dari seberapa besar jarak perbedaan (tracking error) antara Reksa Dana tersebut dengan Indeks Acuannya. 

Reksa Dana Indeks yang ideal yaitu kinerjanya memiliki jarak perbedaan yang mendekati angka Nol dari indeks acuannya, yang berarti apabila Indeks acuannya naik +5% maka Reksa Dana Indeks tersebut juga mengalami kenaikan mendekati nilai +5%, begitu pula sebaliknya.

Macam-macam Reksa Dana Indeks yang kamu dapat temukan di aplikasi Makmur seperti:

1. Avrist Indeks LQ45

Kinerja Reksa Dana Avrist Indeks LQ45 mengacu ke pergerakan Indeks LQ45. Adapun Indeks LQ45 berisikan 45 perusahaan terbaik yang dilihat dari tingkat likuiditasnya. Adapun faktor-faktor pertimbangan bursa terkait perusahaan-perusahaan yang layak masuk ke Indeks LQ45 yaitu:

• Telah tercatat di BEI minimal 3 bulan.

• Aktivitas transaksi di pasar reguler yaitu nilai, volume dan frekuensi transaksi.

• Keadaan keuangan dan prospek pertumbuhan perusahaan tersebut

• Kapitalisasi pasar pada periode waktu tertentu.

• Jumlah hari perdagangan di pasar reguler

Dari kinerja 1 Tahun per 2 Juli 2021 – 4 Juli 2022:

Indeks LQ45 = 11,58%

Avrist Indeks LQ45 =13,37%

Disini kita bisa melihat bahwa penerapan bobot berlebih pada beberapa perusahaan dimomen market bullish dapat membuat kinerja Reksa Dana Indeks mengalahkan indeks acuannya namun berlaku juga sebaliknya. Dalam hal historikal data diatas terdapat jarak perbedaan sebesar +1,79%.

2. BNI-AM Indeks IDX30

Kinerja Reksa Dana BNI-AM Indeks IDX30 mengacu pada Indeks IDX30. Indeks IDX30 ini sendiri terdiri dari 30 perusahaan berkapitalisasi pasar besar, likuiditas tinggi, dan fundamental baik. 

IDX30 merupakan daftar yang lebih sempit yang diambil dari LQ45 yang berarti 30 saham IDX30 dipilih dari 45 saham milik LQ45. Dengan spesifikasi yang lebih ketat, dapat dilihat bahwa likuiditas IDX30 lebih tinggi dari LQ45.

BEI mengevaluasi beberapa kriteria perusahaan yang layak dimasukkan ke IDX30 dengan faktor sebagai berikut:

• Kriteria kuantitatif, meliputi: nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi, kapitalisasi pasar.

• Kriteria kualitatif, meliputi: kondisi keuangan, prospek pertumbuhan, faktor lain terkait kelangsungan usaha.

Dari kinerja 1 Tahun per 2 Juli 2021 – 4 Juli 2022:

Indeks IDX30 = 11,49%

BNI-AM Indeks IDX30 = 11,61%

Disini kita bisa melihat bahwa jarak perbedaan (tracking error) Reksa Dana BNI-AM Indeks IDX30 terhadap indeks acuannya sangatlah tipis yang menandakan indikator yang relatif baik.

3. Allianz SRI KEHATI Index Fund

Reksa Dana Allianz SRI KEHATI Index Fund mengacu pada Indeks SRI KEHATI yang secara khusus memuat emiten yang memiliki kinerja yang sangat baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

Indeks SRI KEHATI terdiri dari 25 saham yang dipilih berdasarkan kriteria sebagai berikut:

• Total Aset di atas Rp1 triliun berdasarkan laporan keuangan auditan tahunan.

• Price Earning Ration (PER) positif.

• Free Float Ratio atau kepemilikan saham publik harus lebih besar dari 10%

• Mempertimbangkan Aspek Fundamental dengan mempertimbangkan 6 faktor utama yaitu Environmental, Community, Corporate Governance, Human Rights, Business Behaviour, Labour Practices & Decent Work

Dari kinerja 1 Tahun per 2 Juli 2021 – 4 Juli 2022:

Indeks SRI KEHATI = 16,77%

Allianz SRI KEHATI Index Fund = 16,71%

Jarak perbedaan (tracking error) Reksa Dana Allianz SRI KEHATI Index Fund terhadap indeks acuannya juga sangatlah tipis yang menandakan indikator yang relatif baik.

Masih banyak lagi Reksa Dana Indeks yang kamu dapat temukan di aplikasi Makmur. Yuk mulai investasimu bersama aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Sedikit Demi Sedikit Hingga Menjadi Bukit! Pentingnya Konsistensi Investasi Reksa Dana!