NEWS

Sedikit Demi Sedikit Hingga Menjadi Bukit! Pentingnya Konsistensi Investasi Reksa Dana!

Tim Makmur, 01 Juli 2022

Ilustrasi Konsisten Menanam (Sumber: J Garget | Pixabay)

Dalam investasi terdapat macam-macam caranya, ada yang langsung sekaligus semuanya di depan (lumpsum) dan ada juga nabung bertahap setiap bulannya (secara berkala). Semuanya itu tergantung dari masing-masing pribadi menyanggupi cara yang mana.

Namun bagi para pekerja yang menerima upah atau gaji setiap bulannya atau pun pengusaha yang menerima hasil usahanya secara berkala, bisa menggunakan cara investasi berkala yaitu dapat dilakukan setiap kali menerima pemasukan.

Ibarat apabila kamu hanya menanam satu tanaman dan berharap tanaman tersebut dapat memberikanmu harta yang berlimpah, tentu akan sulit karena tanaman tersebut memiliki kapasitasnya sendiri. 

Begitu pula dengan uang yang kamu investasikan, apabila kamu berinvestasi sebesar Rp 10 ribu dan berharap agar uang tersebut bisa bertumbuh menjadi Rp 10 milyar, itu merupakan hal yang sulit terjadi.

Namun apabila kamu konsisten memperkuat modal investasimu dengan konsisten melakukan investasi yang rutin, maka 10 – 20 tahun mendatang, kamu bisa melihat hasil dari investasimu tersebut.

Konsep Bunga Majemuk

Dalam dunia finansial ada yang namanya konsep Bunga Majemuk (Compounding Interest), apakah artinya?

Pengertian simpel dari Bunga Majemuk yaitu bunga berbunga yang berarti apabila hari ini kamu menempatkan uang sebesar Rp 10 juta dan kenaikan nilai investasimu hari ini misalkan sebesar 2% maka nilai investasimu menjadi Rp 10,2 juta. Pada keesokan harinya naik lagi sebesar 5%, nah kali ini 5% dari Rp 10,2 juta, bukan dari Rp 10 juta.

Nah bayangkan apabila kamu konsisten terus rutin memperkuat modalmu ditambah dengan kenaikan nilai investasimu secara harian, maka hasil investasinya akan terus bergulung hingga menjadi jumbo disuatu hari nanti.

Misalkan kamu menyanggupi investasi sebesar Rp 10.000 per hari atau Rp 300.000 per bulan, maka berdasarkan simulasi investasi selama 5 tahun per 2017 hingga 2022 di Reksa Dana Capital Money Market Fund maka kamu mendapatkan pertumbuhan nilai investasi sebesar:

Jadi dari simulasi diatas, selama 5 tahun cukup dengan investasi Rp 10 ribu per hari, kamu mendapat pertumbuhan dana investasi sebesar Rp 2,76 juta dengan risiko rendah dan terukur. Apabila kamu konsisten investasi dengan modal yang lebih besar maka pertumbuhan nilai investasimu tentu jauh lebih besar. Namun perlu diingat juga bahwa kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan. 

Yuk mulai investasimu bersama aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Pentingnya Diversifikasi Dalam Pilihan Produk Reksa Dana!