NEWS

3 Alasan Wajib Kamu Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan

Tim Makmur, 22 Agustus 2022

Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Sumber: AtlasComposer | Envato) 

Pada tahun 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan informasi bahwa hanya 12,6 persen dari 260 juta sekitar 33 juta masyarakat Indonesia yang benar-benar merencanakan melek bagaimana pentingnya perencanaan keuangan itu.

Dilihat dari informasi tersebut bisa disimpulkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui pentingnya merencanakan keuangan baik individu maupun keluarga.

Mengingat pengetahuan tentang bagaimana merencanakan keuangan tidak diajarkan dari bangku sekolah sehingga masih banyak yang belum memahaminya. Lalu apa saja keuntungan ketika kita melakukan perencanaan keuangan?

Baca Juga: 5 Tips Untuk Kamu yang Bermimpi Punya Rumah Sendiri

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Ada banyak keuntungan jika memahami perencanaan keuangan sejak dini seperti:

1. Mengerti pentingnya perencanaan keuangan dapat membantu mewujudkan tujuanmu

Berbicara perencanaan keuangan selalu terkait dengan tujuan dan arah yang akan dilakukan. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam hidupnya.

Seperti membeli rumah, membeli kendaraan, menikah dan lainnya. Tujuan-tujuan tersebut tanpa disadari membutuhkan banyak dukungan secara finansial.

Ketika memutuskan untuk menikah salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah seberapa banyak kebutuhan finansial yang harus dipersiapkan. Tentu saja butuh banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Agar tujuan menikah itu dapat tercapai dan berjalan dengan baik sudah seharusnya merencanakan keuangan sejak jauh-jauh hari. Jika sudah tercapai kebutuhan finansial yang dianggarkan otomatis tujuanmu pun juga tercapai sesuai dengan rencana.

Untuk dapat memahami proses perencanaan keuangan ada baiknya untuk menggunakan jasa financial planner profesional yang bersertifikasi. Dari jasa yang digunakan dapat konsultasi tentang masalah-masalah dan langkah untuk mencapai tujuan di masa depan.

2. Tidak mudah tertipu investasi bodong

Maraknya investasi bodong saat ini membuat masyarakat mulai was-was dengan produk-produk keuangan. Padahal ketika kita sudah memahami perencanaan keuangan hal-hal seperti ini dapat dijauhi sehingga aman dari setiap investasi bodong.

Dari banyaknya laporan masyarakat saat ini investasi bodong sering memakan korban orang-orang yang kurang paham dalam ilmu perencanaan keuangan.

Cepat tergiur dengan keuntungan yang besar dalam jangka waktu pendek menjadi salah satu sasaran utama para penyedia investasi bodong tersebut.

Padahal, jika kita lebih memahami tentang dunia perencanaan keuangan maka tawaran investasi bodong dapat kita hindari dan mengamankan uang kita

Salah satu investasi yang jauh dari tawaran investasi bodong adalah investasi Reksa Dana Karena investasi Reksa Dana adalah salah satu investasi yang sudah diakui dengan legalitas yang jelas di Indonesia.

Apalagi investasi Reksa Dana juga diawasi oleh OJK yang dapat membuat para investor menjadi lebih tenang bukan investasi abal-abal. Resmi dan terpercaya membuat masyarakat lebih tenang dari bujukan investasi bodong yang merugikan.

3. Pentingnya perencanaan keuangan akan membantumu dapat membedakan keinginan dan kebutuhan.

Pernah merasa besar pasak daripada tiang setiap bulannya?

Mungkin banyak juga yang mengalaminya. Salah satu penyebabnya adalah kita selalu membeli banyak barang berdasarkan apa yang kita inginkan. Padahal barang tersebut belum tentu kita butuhkan.

Misal ketika lagi jalan ke mall kita melihat barang-barang diskon seperti sepatu atau baju. Padahal kita tahu kalau barang itu tidak lagi dibutuhkan tapi karena tidak punya rencana keuangan yang baik maka kita akan lebih cepat tergiur untuk menghabiskan uang.

Bagaimana dengan yang sudah paham perencanaan keuangan? Tentu saja tidak akan cepat tergiur dan lebih bijaksana dalam membelanjakan uangnya.

Karena sejak awal sudah paham berapa porsi uang yang harus dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan ini itu. Daripada habis untuk barang yang tidak dibutuhkan alangkah baiknya uang disimpan sesuai dengan rencana keuangan yang sudah dibuat.

Dari ketiga hal diatas dapat kita simpulkan bahwa setiap orang wajib untuk mulai dan menerapkan pentingnya perencanaan keuangan yang baik dan efektif.

Mulailah dari sekarang agar setiap tujuan kamu dapat segera tercapai. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Baca Juga: 3 Tips Mengelola Gaji Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!  

____________________________________________________________________________________________

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id