NEWS

3 Tips Mengelola Gaji Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!

Tim Makmur, 18 Agustus 2022

Bagi sebagian orang mengelola gaji kecil yang didapatkan setiap bulan bukanlah hal yang mudah. Harga kebutuhan pokok setiap tahunnya mengalami kenaikan. Padahal belum tentu gaji setiap tahun mengalami kenaikan diatas kenaikan harga kebutuhan pokok.

Alhasil banyak yang mulai mengeluhkan bagaimana membengkaknya pengeluaran. Seperti peribahasa besar pasak daripada tiang. Tapi tidak sedikit juga yang mengeluh tentang besaran jumlah gaji.

Ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengelola gaji kecil setiap bulannya.

Baca Juga: 3 Tips Mengelola Dana Darurat Dengan Aman

Mengelola Gaji Kecil

Mengelola gaji kecil memang tidaklah mudah namun beberapa tips berikut dapat membantumu:

1. Membuat alokasi dana merupakan langkah awal

Saat menerima gaji bulanan hal yang harus pertama kamu lakukan adalah melakukan alokasi dana.

Berapa persen yang ideal dalam mengalokasikan dana? Menurut para perencana keuangan profesional, standarnya dalam mengalokasikan dana dimana 50% dari gaji untuk konsumsi, 30% untuk cicilan dan 20% untuk investasi dan tabungan.

Apa untungnya mengalokasikan dana?

Tentu saja banyak sekali. Dengan mengalokasikan dana dari awal maka kita belajar untuk disiplin dalam menggunakan uang yang kita miliki.

Awal dari perencanaan keuangan yang efektif dan efisien adalah paham dan bijak dalam menggunakan uang sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

Alokasi dana juga diperlukan untuk menjauhkan dari sifat impulsif dalam membelanjakan uang. Menghindari sifat impulsif sangat perlu dilakukan agar dapat membedakan keinginan dan kebutuhan yang bisa berakibat munculnya sifat boros.

2. Sisihkan uang dengan menabung di awal gajian

Setelah mengalokasikan dana yang sudah dijelaskan sebelumnya maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah langsung menyisihkan uang dengan cara menabung sebelum digunakan untuk konsumsi dan kebutuhan lainnya.

Kebiasaan ini masih jarang dilakukan dikarenakan salah satu kebiasaan orang-orang saat ini adalah menyisihkan uang di akhir bulan atau menunggu uang sisa.

Padahal, salah satu keuntungan menyisihkan uang di awal gajian adalah uang tersebut aman di tabungan yang nanti bisa juga untuk menjadi dana darurat. Oleh karena itu, menyisihkan uang di awal memang sangat perlu dalam mengelola gaji.

3. Catat setiap pengeluaran

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mencatat pengeluaran harian mu selama sebulan.

Dengan melakukan pencatatan maka kamu akan dapat terarah dan paham kemana saja uang yang kamu gunakan. Jika ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak berguna maka dapat langsung kamu hentikan.

Untuk mencatat pengeluaran dapat kamu gunakan buku atau aplikasi mobile yang sudah banyak saat ini. Jadi tidak ada alasan untuk malas dan ribet dalam mencatatkan pengeluaran.

Biasanya, ketika sedang melakukan pencatatan ini sering terjadi penyesalan saat melihat catatan tersebut. Kebiasaan ini akan membuatmu lebih bijak dalam menggunakan uang dan bisa terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak perlu.

Tidak ada salahnya untuk melakukan tiga cara diatas untuk melatih diri dalam mengelola gaji kecil.

Berapapun gaji baik kecil maupun besar yang didapatkan asal dapat disiplin maka dapat menghindari kesalahan-kesalahan dalam mengelola uang agar gaji yang didapat tidak selalu merasa kurang.

Jadi, tunggu apalagi?

Baca Juga: 3 Masalah Keuangan Generasi Milenial yang Sering Terjadi

________________________________________________________________________________________

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id