NEWS

Tips Mengatasi Rasa Malas Berinvestasi Reksa Dana!

Tim Makmur, 18 April 2022

Ilustrasi Malas (Credit: Pixabay)

Pernahkah kamu tiba-tiba merasakan malas berinvestasi Reksa Dana? Hal ini lumrah karena ada beberapa faktor yang membuatmu merasa malas antara lain:

1. Hasil investasimu terasa kecil atau kurang signifikan

Apabila kamu merasakan hal ini, maka kamu harus bersyukur karena investasimu sudah tepat. Investasi yang menjanjikan hasil yang sangat tinggi maka kamu perlu pertanyakan apakah itu benaran investasi atau penipuan.

Tips untuk kamu yang merasakan hasil investasimu sangat kecil yaitu, belajar lihat persentase hasil investasinya, bukan nominal pertumbuhannya karena apabila kamu berinvestasi Rp 10.000, pertumbuhan ekstrim seperti +10% pun hanya memberikan pertumbuhan Rp 1.000 perak saja yang akan membuatmu merasakan hasilnya sangat kecil.

2. Pernah merasakan penurunan nilai investasi

“Kalau belum pernah jatuh dari sepeda maka belum dikatakan mahir membawa sepeda.” Perkataan ini sering disebutkan untuk memberikan motivasi kepadamu yang merasakan hal yang sama.

Investasi yang benar itu memang selalu memiliki risiko, namun tidak semua investasi itu risikonya tinggi. Namun apabila kamu tidak suka Reksa Dana yang memiliki risiko penurunan nilai yang tinggi seperti Reksa Dana Saham & Campuran, maka kamu bisa memilih Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) atau Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT) yang memiliki risiko jauh lebih rendah.

3. Habis liburan panjang

Nah siapa nih yang habis pulang dari liburan panjang dan merasakan malas berinvetasi? Terkadang memang setelah menghabiskan waktu bepergian ketempat baru dan bertemu kenalan-kenalan lama, pas selesai liburan eh lupa lagi kalau kamu perlu berinvestasi agar kamu bisa jalan-jalan lagi di beberapa waktu mendatang.

Tips mengatasi kemalasan ini yaitu selalu ingat momen-momen liburan yang sangat indah yang kamu bisa dapatkan kembali melalui nabung Reksa Dana dari sekarang. Nabung dulu sekarang, jalan-jalan nanti kamu siapkan waktunya.

4. Habis belanja besar-besaran

Berbelanja untuk kebutuhan hidup memanglah penting, namun apabila belanjanya untuk kesenangan semata-mata, maka kamu akan ketagihan untuk selalu menghabiskan uangmu. Setelah uangmu habis, maka sudah tidak ada lagi pilihan untuk nabung Reksa Dana dan sudah malas berpikir untuk berinvestasi lagi.

Tips untuk kamu yang hobi berbelanja seperti diatas, belajarlah untuk rutin menyisihkan 20%-30% dari uang mu ke Reksa Dana dan sisanya kamu mau gunakan untuk memuaskan keinginanmu yah silahkan.

5. Harus diet untuk berinvestasi

Apabila untuk mencukupi kebutuhan hidupmu sudah susah dan untuk berinvestasi kamu harus menahan kebutuhan makan mu (alias diet), maka kamu perlu mengatur besaran investasimu. Utamakan dulu kebutuhan hidupmu baru dari kelebihannya kamu sisihkan ke Reksa Dana.

Nabung Reksa Dana itu dimulai dari Rp 10.000, jadi kamu gak perlu repot-repot menyiapkan modal besar untuk menabung. Mulailah kebiasaan yang baik untuk selalu menabung dari kelebihanmu saat ini karena tidak ada yang tahu seperti apa hari esok.

6. Takut kena tipu atau bodong

Kasus investasi bodong sudah tersebar dimana-mana dan sudah banyak memakan korban. Dari kasus-kasus tersebut membuat kita masyarakat Indonesia harus lebih melek lagi untuk mencari investasi yang Aman & Legal.

Tips bagi kamu yang takut dan trauma berinvestasi, ingatlah untuk selalu memilih perusahaan yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan. 

Link : Promo-Promo Makmur  

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Android : Play Store  

IOS : App Store  

Website : Makmur.id 

Baca juga : Kebiasaan Bermain Game Online Yang Bisa Kamu Terapkan Dalam Kehidupan Finansialmu!