NEWS

Tips Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Mengelola Keuangan Keluarga!

Tim Makmur, 29 Juli 2022

Ilustrasi Ibu dan Anak (Sumber: Sasin Tipchai | Pixabay)

Dalam kehidupan berkeluarga, tidak sedikit dari suami yang mempercayakan keuangan pada istrinya sehingga tidak heran kalau kita sering mendengar menteri keuangan keluarga yaitu para ibu-ibu. Namun apakah semua ibu-ibu telah optimal dalam mengelola keuangan?

Faktanya belum semua ibu-ibu mengenal yang namanya Reksa Dana dan masih bergantung pada instrumen investasi konvensional seperti emas & deposito. “Kalau ada duit lebih yah saya beliin perhiasan emas sebagai investasi saya, atau kalau tidak yah simpan deposito bank aja” ini merupakan ungkapan yang sering kita dengar, namun apakah dengan investasi disana maka pengelolaan keuangan akan optimal?

Ini tips bagi para ibu-ibu biar bisa kelola keuangan keluarga lebih optimal dan bisa penuhi kebutuhan keluarga lebih oke lagi nantinya yaitu:

1. Rutin Catat Pengeluaran Dan Pendapatan

Pertama, para ibu-ibu perlu mencatat pengeluaran keluarga berapa besar sih dalam satu bulan. Misalnya aja nih pengeluaran dalam satu bulan seperti ini:

Belanja bahan makanan = Rp 800.000

Tiap weekend makan di mall = Rp 600.000

Biaya listrik & air = Rp 650.000

Biaya pulsa & paket data = Rp 200.000

Biaya transportasi = Rp 150.000

Biaya “Skincare” = Rp 400.000

Biaya nonton bioskop = Rp 200.000

Total biaya bulanan = Rp 3.000.000

Namun dalam pendapatan hasil usaha bisa menghasilkan rata-rata Rp 3.500.000 per bulan. Dilangkah pertama ini ibu-ibu wajib catat dulu nih data bulanan masing-masing.

2. Urutkan pengeluaran berdasarkan prioritas

Nah ditahap kedua ini para ibu-ibu perlu urutkan berdasarkan prioritas, mana yang harus ada tiap bulannya dan mana yang bisa ditunda seperti contohnya:

Wajib tiap bulan (biaya hidup):

1. Belanja bahan makanan = Rp 800.000

2. Biaya listrik & air = Rp 650.000

3. Biaya pulsa & paket data = Rp 200.000

4. Biaya transportasi = Rp 150.000

Total = Rp 1.800.000

Opsional:

1. Tiap weekend makan di mall = Rp 600.000

2. Biaya “Skincare” = Rp 400.000

3. Biaya nonton bioskop = Rp 200.000

Total = Rp 1.200.000

Nah kalau misal ibu-ibu yang memiliki gaya hidup “sosialita” dan ingin agar skincare itu wajib tiap bulan, tidak masalah karena memang sebagian ibu-ibu juga perlu merawat diri agar tetap tampil terbaik. Setidaknya sudah ada data mengenai rata-rata biaya bulanan ibu-ibu.

3. Rutin Investasi

Tips yang terpenting yaitu dari selisih penghasilan dan pengeluaran tiap bulan tersebut bisa ditabung di Reksa Dana. Nah disini ibu-ibu bisa mempersiapkan juga untuk misalnya:

Penghasilan: Rp 3.500.000

Biaya hidup bulanan: Rp 1.800.000

Bisa ditabung: Rp 1.700.000

Namanya biaya bulanan kan bisa aja membengkak karena ada kebutuhan medadak atau lain sebagainya. Nah disini ibu-ibu boleh mempersiapkan dana darurat dengan menabung di Reksa Dana Pasar Uang. Selain nilai tabungan ibu-ibu terus meningkat (misalnya: +3% hingga +5% setahun), para ibu-ibu juga bisa kapan saja menarik tabungan ibu untuk digunakan.

Ada juga pilihan Reksa Dana yang memberikan hasil investasi lebih dari 5%, sebagai contoh Reksa Dana yang bunda dapat temukan di aplikasi Makmur: 

Selain para bunda bisa mecairkannya kapan saja, kinerja Reksa Dana ini akan terus bertumbuh hari demi hari dengan hasil yang baik.

Yang penting sih kebiasaan rutin menabungnya yang perlu dimulai dari sekarang, dan nanti suatu saat pasti akan bangga melihat tabungan yang sudah makin melimpah di Reksa Dana.

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Reksa Dana Ini Memberikan Uang Pertanggungan Seperti Halnya Asuransi Jiwa, Benarkah Bisa? 

Website: Makmur.id