NEWS

Reksa Dana Ini Memberikan Uang Pertanggungan Seperti Halnya Asuransi Jiwa, Benarkah Bisa?

Tim Makmur, 12 Juli 2022

Ilustrasi Proteksi dan Investasi (Sumber: Gerd Altmann | Pixabay)

Dalam investasi Reksa Dana sering kali kita hanya mengetahui mengenai risiko dan hasil investasi, namun jarang kita mendengar ada Reksa Dana yang memberikan Uang Pertanggungan layaknya seperti perusahaan Asuransi Jiwa. 

Namun pertanyaannya, benarkah ada Reksa Dana yang memberikan Uang Pertanggungan?

Reksa Dana dengan Fitur Tambahan Asuransi Jiwa

Apabila kalian menyelidiki lebih lanjut, ternyata ada Reksa Dana yang memiliki fitur tambahan seperti halnya Asuransi Jiwa, Reksa Dana apakah itu? Jawabannya yaitu Reksa Dana Trimegah Fixed Income Plan dan Reksa Dana TRIM Kapital Plus. Kedua Reksa Dana tersebut merupakan produk yang dikelola oleh Manajer Investasi Trimegah Asset Management. 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Trimegah Asset Management melakukan kerjasama dengan Asuransi Jiwa Astra untuk dapat memberikan fitur Asuransi Jiwa kepada nasabah-nasabah yang membeli kedua produk tersebut yang tentunya dengan Syarat & Ketentuan yang berlaku.

Adapun syarat & ketentuan untuk mendapatkan fitur Asuransi Jiwa melalui investasi Reksa Dana cukuplah mudah yaitu sebagai berikut:

1. Nasabah dalam keadaan sehat

2. Usia kepesertaan minimal 18 tahun dan maksimal 69 tahun.

3. Minimum posisi saldo investasi Reksa Dana Trimegah Fixed Income Plan sebesar 10 juta Rupiah disetiap akhir bulan / atau minimum posisi saldo investasi Reksa Dana TRIM Kapital Plus sebesar 5 juta Rupiah disetiap akhir bulan.

Apabila nasabah telah memenuhi syarat & ketentuan maka nasabah akan mendapatkan Polis Asuransi Jiwa Astra. Adapun manfaat yang diterima oleh nasabah sangatlah menarik tanpa diwajibkan untuk melakukan pembayaran premi secara bulanan. Adapun manfaat yang diterima yaitu sebagai berikut:

1. Apabila peserta asuransi Reksa Dana Trimegah Fixed Income Plan mengalami risiko meninggal dunia dalam masa kepesertaan pada periode polis, maka penanggung akan membayar uang pertanggungan sebesar Rp 1.000.000.000 (Satu Milyar Rupiah).

2. Apabila peserta asuransi Reksa Dana TRIM Kapital Plus mengalami risiko meninggal dunia dalam masa kepesertaan pada periode polis, maka penanggung akan membayar uang pertanggungan sebesar Rp 500.000.000 (untuk usia 18 – 60 tahun) atau Rp 200.000.000 (untuk usia 61 – 69 tahun)

Masa kepesertaan / pertanggungan adalah 1 (satu) bulan dan dapat diperpanjang otomatis untuk 1 (satu) bulan berikutnya dan seterusnya apabila saldo Reksa Dana peserta asuransi di akhir bulan sebelumnya mencapai nilai minimum yang disyaratkan.

Untuk pengecualian manfaat asuransi yaitu:

1. Ikut berpartisipasi dalam peperangan (baik yang dinyatakan maupun tidak), keadaan seperti perang, pendudukan, gerakan pengacauan, pemberontakan, perebutan kekuasaan, pemogokan, huru-hara, keributan, tindakan kriminal, aktivitas yang melanggar hukum;

2. Bunuh diri atau percobaan bunuh diri baik dalam keadaan sadar maupun tidak;

3. Apabila peserta asuransi Reksa Dana Trimegah Fixed Income Plan meninggal dunia karena penyakit dalam masa kepesertaan. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada poin ini tidak berlaku pada bulan ke-7 (tujuh) dan seterusnya, apabila masa kepesertaan telah diperpanjang untuk periode berikutnya minimal 6 (enam) bulan tanpa terputus sebelum terjadinya pengajuan klaim meninggal dunia karena penyakit.

4. Apabila peserta asuransi Reksa Dana TRIM Kapital Plus meninggal dunia karena penyakit dalam masa kepesertaan. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada poin ini tidak berlaku pada bulan ke-4 (empat) dan seterusnya, apabila masa kepesertaan telah diperpanjang untuk periode berikutnya minimal 3 (tiga) bulan tanpa terputus sebelum terjadinya pengajuan klaim meninggal dunia karena penyakit.

Jadi syarat untuk mendapatkan fitur pertanggungan dari Asuransi Jiwa Astra sangat mudah kan Sobat Makmur? Yuk daftarkan dirimu dan ajak keluarga tersayang untuk mendapatkan fitur ini. Mulailah berinvestasi bersama aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Membeli Reksa Dana Saham?