FAQ

Reksa Dana Bagi Dividen, Harga NAB/Unit Kok Turun?

Isitlah Bagi Dividen kerap kali kita dengar saat berinvestasi di Saham, namun untuk beberapa Reksa Dana juga memiliki fitur yang serupa. Bagi Dividen dalam Reksa Dana ini biasanya dalam bentuk unit penyertaan produk tersebut, namun tidak tertutup kemungkinan untuk dibagikan secara Kas langsung ke rekening kamu.

Jadwal pembagian Dividen dan besarannya semua diatur oleh Manajer Investasi yang mengelola produk Reksa Dana tersebut. Ada yang pembagiannya setiap bulan, ada juga yang tiap 3 bulan dan 6 bulan sekali. Semua tergantung dari kebijakan Manajer Investasi atas Reksa Dana tersebut.

Ketika Reksa Dana Bagi Dividen, kok Harga NAB/Unit nya kok Turun?

Penurunan Harga NAB/Unit turun pasca pembagian Dividen Reksa Dana merupakan hal yang wajar terjadi. Hal tersebut dikarenakan Dividen Reksa Dana yang dibagikan itu berasal dari NAB Reksa Dana tersebut. Grafik kinerja Reksa Dana pun setelah pembagian Dividen tersebut akan langsung turun seperti gambar sebagai berikut:

 Penurunan Grafik Kinerja Reksa Dana Setelah Bagi Dividen

Penurunan Kinerja Reksa Dana pasca pembagian Dividen ini sering kali menimbulkan pertanyaan dari nasabah, kok harganya anjlok, aku rugi dong? Tak perlu kuatir, penurunan harga NAB/Unit itu bukan berarti kamu rugi, karena kamu telah mendapatkan dividen yang sebenarnya berasal dari NAB Reksa Dana tersebut. Dividen tersebut bisa dalam bentuk unit penyertaan produk tersebut atau dalam uang Kas yang langsung ditransfer ke rekening kamu.

Untuk memperjelas, kamu dapat melihat grafik kinerja Reksa Dana tersebut pada website atau aplikasi Makmur dengan mencentang “Tampilkan dengan Dividen” seperti gambar sebagai berikut:

Grafik Kinerja Reksa Dana dengan memperhitungkan nilai Dividen

Setelah mencentang “Tampilkan dengan Dividen”, maka kamu dapat melihat bahwa sebenarnya kamu tidaklah rugi setelah memperhitungkan nilai Dividen yang kamu telah terima

Buat investasi di produk Reksa Dana dengan fitur Bagi Dividen, kamu dapat klik menu “Pencarian” dan memilih “Reksa Dana Dengan Dividen” pada kolom Reksa Dana Populer.