NEWS

Mengenal Fenomena January Effect Setiap Awal Tahun

Tim Makmur, 09 Januari 2023

Dalam dunia investasi khususnya pasar modal, mengenal berbagai pola musiman yang menandai fenomena dan anomali tertentu dalam periode tertentu seperti January Effect, Sell in May Go Away, Window Dressing dan lainnya.

Kemunculan pola musiman yang terjadi menjadikan banyak investor yang memanfaatkan fenomena tersebut untuk mengatur portofolio investasi para investor. Salah satu fenomena yang kerap terjadi di awal tahun yaitu January Effect.

Bagaimana fenomena January Effect tersebut saat ini?

Baca Juga: 5 Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan Biar Gak Cuma Wacana  

Pengertian Fenomena January Effect

January Effect merupakan fenomena di pasar saham yang menunjukkan peningkatan harga saham pada bulan Januari. Banyak investor yang beranggapan bahwa bulan Januari merupakan waktu yang tepat untuk membeli saham karena dianggap sebagai awal tahun yang menjanjikan.

Hal ini karena adanya optimisme di awal tahun terhadap pasar, belum lagi banyaknya orang yang menggunakan tambahan dana dari bonus akhir tahun sehingga pembelian saham berpotensi meningkat.

Melansir dari Tirto, Fenomena January Effect sering ditemukan oleh seorang analis keuangan, Sidney B. Wachtel, pada 1942. Dia melakukan studi dan pengamatan sejak tahun 1925 di bursa efek Amerika Serikat dan menuangkan gagasannya dalam makalah berjudul “Certain Observations on Seasonal Movements in Stock Prices”.

Apakah Fenomena January Effect Pasti Terjadi?

Nyatanya, fenomena January Effect tidak selalu terjadi setiap awal tahun.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya fenomena ini, seperti kondisi ekonomi, politik, dan situasi pasar saham secara global. Oleh karena itu, sebaiknya investor tidak hanya terpaku pada fenomena January Effect saja, tetapi juga harus memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi harga saham.

Walaupun demikian, January Effect merupakan fenomena yang cukup penting untuk diperhatikan oleh investor. Dengan memahami fenomena ini, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih tepat sesuai dengan kondisi pasar saham yang ada.

Bagaimana Pengaruh January Effect Terhadap Reksa Dana?

Jika bulan Januari tahun 2023 terjadi fenomena January Effect, maka pasar saham akan mengalami kenaikan harga-harga saham pada bulan tersebut. Pengaruh dari kenaikan harga saham membuat kinerja Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran dapat meningkat seiringnya dengan kenaikan harga saham.

Hingga saat ini Senin (9/01/2023), secara year to date Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencatatkan penurunan sebesar -2,37%. Masih banyak investor dan analis saham banyak yang memperkirakan January Effect tinggal angan. Apalagi sentimen pada awal tahun ini didominasi sentimen negatif yang membuat IHSG turun.

Saat ini para investor masih menunggu arah kebijakan suku bunga the Fed pada awal tahun ini. Apalagi sebelumnya The Fed mengungkapkan suku bunga acuan masih akan naik akibat solidnya data ketenagakerjaan di Amerika Serikat (AS).

Untuk Sobat Makmur yang ingin berinvestasi pada Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Campuran, kondisi penurunan IHSG saat ini bisa menjadi peluang untuk menambah porsi investasi dikarenakan NAB produk Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran akan cenderung menjadi lebih turun jika dibandingkan dengan saat pasar saham mengalami kenaikan.

Jadi kira-kira apakah fenomena January Effect dapat terjadi pada tahun ini?

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Awal Tahun 2023 Agar Tetap Optimal

***

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id