NEWS

Kinerja Reksa Dana Terbaik Sepanjang 2022, Ada Pilihanmu?

Tim Makmur, 02 Januari 2023

Tahun 2022 sudah berakhir saatnya menyambut tahun baru dengan harapan baru. Namun, sebelum menjalani 2023 ada baiknya kilas balik perjalanan investasi sepanjang 2022 dahulu.

Sepanjang 2022 ada banyak berita yang terjadi membuat pasar modal Indonesia dan pasar modal luar negeri mengalami gejolak kenaikan dan penurunan yang beragam. Dimulai dari berita perang antara negara Ukraina dan Rusia, harga komoditas naik, kenaikan inflasi di Amerika hingga kenaikan suku bunga The Fed sebanyak tujuh kali dalam setahun. 

Beragam sentimen yang terjadi di pasar modal memberikan efek juga terhadap kenaikan dan penurunan kinerja dari Reksa Dana. Ditengah beragam kondisi yang terjadi selama 2022, masih terdapat produk Reksa Dana yang mencatatkan kinerja terbaik selama 2022.

Produk Reksa Dana apa sajakah itu?

Baca Juga: 7 Financial Checklist di Tahun 2022  

Daftar Reksa Dana Terbaik Sepanjang 2022

Berikut beberapa daftar Reksa Dana terbaik sepanjang 2022 yang ada di aplikasi Makmur berdasarkan jenisnya.

1. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana Pasar Uang adalah Reksa Dana yang hanya melakukan investasi pada instrumen pasar uang dalam negeri dan/atau surat berharga bersifat utang yang sisa jatuh temponya kurang dari 1 (satu) tahun.

Reksa Dana Pasar Uang sangat cocok kepada investor pemula karena memiliki resiko investasi yang rendah namun memiliki potensi return yang juga relatif rendah dibanding jenis Reksa Dana lainnya.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dalam bentuk surat berharga bersifat utang. 

Reksa Dana Pendapatan Tetap ini memiliki resiko investasi yang masuk dalam kategori menengah rendah, namun juga memiliki potensi return yang juga menengah rendah.

3. Reksa Dana Campuran

Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang melakukan investasi pada surat berharga bersifat ekuitas, utang, dan/atau instrumen pasar uang dalam negeri yang masing-masing paling banyak 79% (tujuh puluh sembilan persen) dari Nilai Aktiva Bersih, dimana dalam portofolio Reksa Dana tersebut wajib terdapat Efek bersifat ekuitas dan Efek bersifat utang.

Sesuai namanya, Reksa Dana Campuran berinvestasi di macam-macam aset investasi seperti instrumen pasar uang, obligasi maupun saham. Karena dalam portofolio Reksa Dana Campuran memiliki instrumen saham, maka kategori resiko Reksa Dana Campuran adalah menengah tinggi, begitu pula dengan potensi returnnya yaitu menengah tinggi.

4. Reksa Dana Saham

Reksa Dana Saham adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dalam bentuk saham.

Diantara berbagai jenis Reksa Dana, jenis Saham yang memiliki resiko paling tinggi, namun tentunya juga memiliki potensi return yang paling tinggi diantara Reksa Dana lainnya.

Itulah beragam produk dan jenis Reksa Dana yang ada di Makmur. Kamu bisa memilih produk Reksa Dana dengan menyesuaikan dari tujuan investasi serta profil risiko yang kamu miliki.

Tahun baru, resolusi baru. Wujudkan investasi Reksa Dana pakai aplikasi Makmur sekarang!

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Bonus Akhir Tahun dengan Bijak
 

DISCLAIMER:

Artikel ini ditujukan untuk informasi umum saja dan tidak boleh dianggap sebagai rekomendasi atau menawarkan untuk berinvestasi Reksa Dana di Makmur. Investasi melalui Reksa Dana mungkin mengandung beberapa risiko, calon investor diwajibkan untuk membaca dan memahami Prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Reksa Dana dan performa sebuah Reksa Dana tidak mencerminkan kinerja yang akan datang.

***

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id