FAQ

Kenapa Proses Registrasi Saya Lama?

Sebelum kita mengetahui penyebab lamanya proses registrasi, kita perlu terlebih dahulu mengetahui kendala apa saja yang sering ditemukan dalam hal pengecekan data yang kamu submit setelah registrasi:

A. Kendala yang kami temukan dalam pengecekan data kamu :

1. Typo Data Identitas

Hal ini cukup sering terjadi dimana ada typo di Nama kamu yang seharusnya sesuai dengan Kartu Identitas kamu, begitu pula dengan gender dan tanggal lahir kamu semuanya harus sesuai dengan Kartu Identitas kamu. Hal ini walau terkesan kecil, namun typo ini membuat registrasi perlu dikembalikan lagi agar kamu dapat melakukan revisi.

2. Foto Blur

Dalam hal foto untuk verifikasi pun terkadang masih terdapat blur sehingga dalam registrasi pun pada akhirnya gagal. Kenapa foto kamu harus jelas? Ini dikarenakan kami perlu mengetahui apakah Kartu Identitas mu benar dipegang oleh kamu sendiri, bukan orang lain.

3. Rekening telah closed / menggunakan e-wallet atau virtual account

Data rekening ini menjadi hal yang juga sangat penting. Rekening yang sudah beberapa bulan kamu tidak gunakan sebaiknya kamu cek terlebih dahulu statusnya, jangan sampai rekening yang telah tutup kamu tetap daftarin. Apabila kamu tetap daftarkan rekening tersebut, kami akan menolak registrasimu demi kebaikan kamu juga.

Penggunaan e-wallet dan virtual account sebagai data rekening kamu juga tidak diperbolehkan lho. Kenapa tidak boleh? Karena hal ini menyebabkan kendala di Bank Kustodian dalam hal verifikasi data kamu ketika kamu melakukan penjualan Reksa Dana dan bisa berujung dengan redemption gagal alias transaksi redemption kamu retur ke Bank Kustodian lagi. 

Oleh sebab itu dalam pengisian data Rekening pastikan rekening kamu aktif dan bukan menggunakan e-wallet / virtual account, agar proses registrasi lebih cepat selesai.

B. Kendala yang ditemukan dipengecekan Eksternal (dipihak regulatory / pihak berwenang):

Setelah pengecekan di MAKMUR, pihak eksternal seperti Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui sistem S-Invest dan juga Dukcapil turut melakukan pengecekan. Beberapa kendala yang sering terjadi yaitu :

1. Duplicated SID

Single Investor Identification (SID) merupakan kartu tanda pengenal investor yang hanya ada satu setiap investor, ibarat KTP. Kenapa bisa duplicate? Ini terjadi karena terkadang dalam hal pembuatan e-ktp atau ketika kamu pindah domisili, nomor KTP kamu berubah dimana seharusnya tidak berubah. 

Apabila SID kamu sudah pernah terdaftar menggunakan nomor KTP lama dan kamu registrasi kembali dengan menggunakan nomor KTP baru, hal yang terjadi yaitu duplicate SID dimana hal ini perlu ditanganin manual dan membutuhkan waktu dalam hal penyelesaian kendala ini.

2. Data Tidak Sesuai Dukcapil

Mengenai kendala terkait Dukcapil ini juga tidak jarang ditemukan. Beberapa kendala yang sering ditemukan yaitu:

a. Tanggal lahir atau jenis kelamin tidak sesuai

b. NIK tidak ditemukan

c. Nama tidak sesuai

Hal ini biasa disebabkan apabila kamu baru memperbarui data identitas kamu seperti perubahan alamat domisili KTP, perubahan KK dan lain sebagainya. Terkadang juga sistem di Dukcapil belum terupdate sehingga ketika dalam proses registrasi membutuhkan waktu yang lebih lama dari seharusnya.

Untuk menyelesaikan kendala ini, silahkan hubungi ke kontak center layanan DUKCAPIL sebagai berikut:

Hotline : 1500537

WA : 08118005373

Sms : 08118005373

Email : callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id

Nah sekarang kamu sudah paham kan mengenai proses registrasi dan kendala-kendala yang membuat registrasi kamu terhambat. 

Download MAKMUR melalui link dibawah ini :

Android : Play Store 

IOS : App Store 

Website : Makmur.id