FAQ

Kenapa Nilai Investasi Reksa Dana Saya Bertambah Atau Berkurang Saat Dicairkan?

Dalam investasi Reksa Dana ada istilah Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP) yang menyatakan harga dari Reksa Dana tersebut, ibarat beli emas ada Harga satuan per Gram nya, begitu pula dengan Reksa Dana.

Sebelum mengetahui kenapa Harga NAB/Unit Reksa Dana bisa berubah, perlu kamu ketahui bahwa skema perhitungan Harga NAB/Unit itu dilakukan setelah jam transaksi pasar modal termasuk pasar Saham & Obligasi tutup yakni setelah jam 16.30 WIB disetiap hari bursanya.

Apabila pada hari tersebut ada pergerakan ekstrim di isi portofolio Reksa Dana, maka nilai Harga NAB/UP bisa saja berubah entah naik atau turun tergantung arah pergerakan portofolionya. Contoh simpelnya indeks IHSG pada tanggal 28 April 2022 ditutup diangka 7228.914, namun pada hari pertama pembukaan bursa saham setelah Hari Raya Idul Fitri yaitu 9 Mei 2022, IHSG langsung terkoreksi ke angka 6909.751 (-4.42%).

Penurunan atau kenaikan IHSG tersebut tentu akan berdampak langsung ke kinerja Reksa Dana Saham yang mayoritas isi portofolionya adalah Saham. Lantas kenapa nilai pencairan Reksa Dana saya bisa berkurang padahal rekening bank yang saya gunakan sama dengan rekening Reksa Dana?

Estimasi nilai pencairan selalu menggunakan Harga NAB/UP terbaru yaitu harga di hari bursa sebelumnya (T-1) sehingga ketika kamu melalukan penjualan Reksa Dana, nilai estimasi atau perkiraan nilai pencairanmu masih bisa berubah, bisa lebih atau berkurang, semua tergantung dari Harga penutupan NAB/UP di hari itu yang akan diumumkan oleh pihak Bank Kustodian pada keesokan harinya.

Contoh / Ilustrasi:

Transaksi pada hari Libur Bursa (30 April 2022):

Apabila kamu melakukan order pencairan pada hari libur bursa, maka order kamu baru akan diproses pada hari bursa berikutnya yaitu pada tanggal 9 Mei 2022 (sesuai contoh diatas). Apabila kamu melakukan pencairan pada tanggal 9 Mei 2022 pun, estimasi nominal pencairanmu tetap akan menggunakan Harga NAB/Unit terbaru yaitu 28 April 2022 sama seperti contoh diatas.

Transaksi pada tanggal 10 Mei 2022:

Apabila kamu melakukan order pencairan pada tanggal 10 Mei 2022, maka estimasi nominal pencairanmu sudah menggunakan Harga NAB/Unit terbaru yaitu tanggal 9 Mei 2022 sehingga bisa saja lebih rendah daripada estimasi pada tanggal 28 April 2022.

Note: Harga NAB/Unit diatas hanyalah contoh untuk memudahkan pengertian terkait estimasi nominal pencairan.

Khusus untuk Reksa Dana Saham sangat dipengaruhi dari indeks IHSG kita sehingga perubahan naik atau turunnya Harga NAB/Unit pun sangat sensitif tergantung dari kinerja indeks IHSG.