FAQ

Kenapa Dana Hasil Penjualan Reksa Dana Saya Sangat Lama di Transfer?

Ada 2 faktor yang membuat dana hasil penjualan Reksa Dana kamu membutuhkan waktu yang lebih lama dari seharusnya hingga masuk ke rekening mu:

1. Manajer Investasi Butuh Waktu untuk Menjual Aset Portofolio Reksadana

Tahukah kamu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pencairan dana Reksa Dana hingga masuk ke rekening kamu? 

Dalam Peraturan OJK telah diatur yaitu Maksimum 7 Hari Kerja, tidak termasuk hari libur & weekend lho…

Kenapa bisa lama? Hal ini karena ada proses yang harus dilalui oleh Manajer Investasi. Dana Investasi kamu sudah bukan dalam bentuk cash, tetapi telah diinvestasikan ke berbagai aset seperti deposito, obligasi dan saham. 

Ketika kamu melakukan pencairan Reksadana maka Manajer Investasi akan menjual aset-aset tersebut yang kemudian akan dihitung, dicatat & diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Setelah semuanya telah selesai baru kemudian dana tersebut ditransfer ke rekening kamu, jadi proses ini gak serta-merta langsung selesai dalam sekejap mata guys. 

Namun tidak semua Reksa Dana membutuhkan waktu yang lama, contohnya seperti Reksadana Pasar Uang hanya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja yang kemudian dana penjualanmu sudah masuk ke rekening kamu.

2. Transfer Dana Penjualan Gagal

Ada 2 faktor utama yang menyebabkan transfer dana penjualan Reksa Dana kamu gagal, antara lain :

- Nama di Rekening Bank berbeda dengan Nama Akun Terdaftar di Makmur

Hal ini bisa terjadi apabila ketika pada pendaftaran awal, penulisan nama kamu berbeda dengan nama yang tertera pada rekening yang kamu daftarin. Pastikan nama yang kamu daftarin di Aplikasi MAKMUR & nama yang kamu daftarin di Rekening Bank sesuai dengan Kartu Identitas kamu. 

Apabila ditemukan adanya perbedaan nama (bahkan 1 huruf yang berbeda) maka pihak Bank Kustodian berhak untuk melakukan pembatalan transfer dana hasil penjualan Reksa Dana kamu lho.. 

- Rekening Bank milikmu Tidak Aktif, atau merupakan akun virtual / e-wallet

Faktor kedua yaitu apabila rekening kamu telah dormant atau sudah tutup. Hal lainnya juga yang tidak diperbolehkan yaitu apabila kamu menggunakan virtual account atau e-wallet sebagai Rekening pembayaran Reksa Dana. Untuk menghindari gagalnya pembayaran transaksi penjualan kamu, pastikan rekening bank milikmu aktif dan sesuai dengan akun MAKMUR milikmu.

Kamu dapat memperbaiki data rekening kamu dengan menghubungi customer service MAKMUR sehingga proses pencairan dana dapat dijalankan kembali.

Download MAKMUR :

Android : Play Store 

IOS : App Store 

Website : Makmur.id