NEWS

Kapan Waktu Terbaik Membeli Reksa Dana Saham?

Tim Makmur, 08 Juli 2022

Ilustrasi Pergerakan Indeks Saham (Sumber: TheInvestorPost | Pixabay)

Bicara mengenai Reksa Dana Saham, tentu kita juga perlu tahu tentang indeks harga saham gabungan (IHSG) maupun indeks turunannya seperti LQ45, IDX30 dan sebagainya. Dari beberapa Reksa Dana Saham (RDS) cenderung memiliki target untuk mengalahkan indeks tertentu, misalkan kinerja Reksa Dana Saham AAA ditargetkan mengalahkan IHSG paling kurang 5% diatas IHSG dan lain sebagainya.

Mau gak mau pergerakan indeks turut berpengaruh kecil maupun besar terhadap kinerja sebagian besar Reksa Dana Saham di Indonesia. 

Pertanyaannya beli Reksa Dana Saham nya ketika indeks anjlok atau sedang terbang?

Ada sebagian pemikiran mengatakan bahwa mengikuti tren kenaikan IHSG bisa berpotensi memberikan cuan pada kinerja Reksa Dana Saham dikala kamu cepat-cepatan ikut beli Reksa Dana Saham tersebut. Bisa saja pemikiran tersebut benar namun tidak tertutup kemungkinan dihari pertama kamu membeli Reksa Dana Saham ketika melihat IHSG terbang, malah nyangkut karena hari berikutnya IHSG terkoreksi lebih dalam lagi.

Ada juga pemikiran bahwa beli Reksa Dana Saham kalau IHSG sedang anjlok saja. Namun dikala indeks anjlok, sering muncul pertanyaan kapan momen yang tepat untuk beli Reksa Dana Saham, hari ini, tunggu besok atau kapan? 

Jawaban paling tepat untuk pertanyaan tersebut yaitu beli bertahap sebab tidak seorang pun tahu 100% akan hari esok, yang ada hanyalah prediksi dan analisa dari para analis.

Kutipan dari pakar investasi Warren Buffett mengatakan bahwa “Buy on Fear and Sell on Greed”, ini salah satu pedoman yang bisa kamu terapkan dikala IHSG anjlok parah dan rasa takut berinvestasi mulai dirasakan sebagian besar investor, maka momen itulah yang dapat kamu manfaatkan untuk mulai cicil membeli Reksa Dana Saham.

Ketika market sudah mulai menunjukkan euforia nya dengan kenaikan fantastis, kerakusan para investor sudah mulai terlihat, maka disana saatnya kamu mulai taking profit secara bertahap untuk Reksa Dana Saham milikmu.

Namun apabila kamu tujuan investasimu adalah untuk hari tua, maka mau IHSG anjlok ataupun terbang, kamu akan tetap berinvestasi secara berkala setiap tanggal yang kamu tentukan misalnya setiap tanggal gajian atau awal bulan.

Bagaimana hasilnya investasi berkala? Yang kamu perlu tahu pergerakan IHSG tahun demi tahun selalu saja naik dan turun namun untuk jangka waktu yang lebih panjang, pergerakannya mengalami tren kenaikan. Jadi dengan investasi berkala, kamu bisa mendapatkan harga rata-rata (harga bawah maupun harga atas) tanpa mempedulikan posisi indeks lagi.

Jadi sudah siapkah kamu untuk mencoba rutin berinvestasi di Reksa Dana Saham? Yuk mulai investasimu bersama aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Reksa Dana Indeks?