NEWS

Instrumen Investasi Yang Dijamin Aman, Apakah Ada?

Tim Makmur, 02 Juni 2022

Ilustrasi Aman (Sumber: Jan Alexander | Pixabay)

Selain hasil investasi yang tinggi, hal utama yang selalu diinginkan para investor yaitu keamanan investasinya, alias bisa dicairkan tanpa ada risiko gagal bayar. Pertanyaannya, apakah ada instrumen investasi yang dijamin keamanannya?

Perlu kita ketahui bersama bahwa instrumen investasi yang aman alias risk free itu ada yaitu Surat Utang yang diterbitkan oleh Negara, mau itu dalam bentuk Ritel maupun yang berbentuk Syariah (Sukuk), semuanya dijamin keamanannya oleh Negara.

Yang dimaksud dengan dijamin keamanannya yaitu risiko gagal bayarnya yang dijamin oleh Negara, bukan harganya yang dijamin tidak akan turun yah. Perlu juga kamu ketahui bahwa dalam rentang umur Surat Utang (Obligasi), harganya bisa naik dan turun namun akan kembali ke titik semula pada saat jatuh tempo.

Contoh (Ilustrasi):

Sukuk Ritel Seri 1111

Diluncurkan: 3 Januari 2022

Jatuh Tempo: 3 Januari 2023

Harga Obligasi : 100

Kupon: 8% p.a.

Berdasarkan contoh diatas, umur sukuk tersebut yaitu 1 tahun yang diterbitkan di harga 100 (Par) dengan kupon 8% per tahunnya. Selain menerima fixed kupon yang dibayarkan per 3 bulan, investor juga bisa mendapatkan capital gain apabila melakukan transaksi jual beli surat utang tersebut. 

Sepanjangan 3 Januari 2022 hingga 2023 tersebut, harga surat utang sangat memungkinkan untuk naik ataupun turun, bisa ke 105 (+5%) atau bahkan turun ke harga 95 (-5%). Namun ketika surat utang jatuh tempo, harganya akan selalu kembali ke harga 100 (Par).

List Produk Reksa Dana yang portofolionya Surat Utang Negara (SUN)

Di aplikasi Makmur kamu dapat menemukan berbagai pilihan Reksa Dana yang isi portofolionya Surat Utang Negara ataupun Sukuk, apa saja itu? Yuk lihat sebagai berikut:

1. Reksa Dana Syariah Avrist Sukuk Income Fund

Sesuai namanya, Reksa Dana ini berisikan instrumen investasi berupa Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) milik Pemerintah Indonesia. Karena mayoritas isinya berupa surat utang negara, maka Reksa Dana ini juga turut memiliki risiko gagal bayar yang hampir tidak ada. Adapun grafik kinerja Reksa Dana ini dalam kurun 1 tahun terakhir yaitu sebagai berikut:

2. Sucorinvest Sharia Sukuk Fund

Reksa Dana ini juga berisikan instrumen investasi berupa surat utang negara syariah atau yang lebih dikenal dengan Sukuk. Reksa Dana ini juga turut memiliki risiko gagal bayar yang hampir tidak ada. Adapun grafik kinerja Reksa Dana ini dalam kurun 1 tahun terakhir yaitu sebagai berikut:

Ada juga beberapa Reksa Dana yang bukan dibuat khusus untuk membeli surat utang negara, namun mayoritas portofolionya berisikan SUN maupun Sukuk, yaitu sebagai berikut:

• Bahana Mes Syariah Kelas G

Walau dari namanya bukan Reksa Dana yang khusus berisikan surat berharga negara (SBN), namun Reksa Dana ini berisikan mayoritas SBN, seperti salah satunya PBS merupakan seri surat utang syariah yang dimiliki oleh negara. Kinerja Reksa Dana ini pun bisa dilihat sebagai berikut:

• BNI-AM Dana Pendapatan Tetap Syariah Ardhani

Di nama Reksa Dana BNI ini juga tidak mengandung kata Sukuk maupun Instrumen Negara, namun Reksa Dana ini berisikan mayoritas SBN. Kinerja Reksa Dana ini pun bisa dilihat sebagai berikut:

Di aplikasi Makmur kamu masih dapat menemukan banyak ragam pilihan Reksa Dana yang berisikan surat berharga negara (SBN). Yuk mulai berinvestasi Reksa Dana di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Android: Play Store 

IOS: App Store 

Website: Makmur.id 

Baca juga: Gajian Dari Reksa Dana, Emang Bisa?