NEWS

Formasi Sepak Bola Dalam Investasi Reksa Dana, Kamu Pakai Yang Mana?

Tim Makmur, 11 Juni 2022

Sepak Bola (Sumber: Michal Jarmoluk | Pixabay)

Olahraga Sepak Bola merupakan salah satu ajang olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat diberbagai negara. Bahkan klub-klub hebat yang ada di benua Eropa pun kadang menjadi favorit masyarakat Indonesia, seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester City, Liverpool, Juventus, Bayern Munchen, PSG dan sebagainya.

Dalam bertanding, selain perfoma dari setiap pemain, manajer klub juga selalu mempersiapkan strategi berupa formasi yang dapat menjadi salah satu penentuan kemenangan tim tersebut. Tanpa disadari, formasi tersebut juga bisa digunakan dalam hal investasi Reksa Dana.

Macam-macam Formasi Sepak Bola dalam Reksa Dana

Berikut formasi sepak bola yang bisa kamu sesuaikan dengan alokasi investasi Reksa Dana mu:

• Formasi: 4-3-2-1

Komposisi formasi ini berisikan:

40% Biaya Hidup

30% Cicilan Produktif / Self Reward

20% Investasi Reksa Dana

10% Amal / Kebaikan

Dalam formasi ini, investasi Reksa Dana hanya 20% dari pendapatan mu sehingga banyak hal dapat kamu alokasikan, khususnya bagi kamu yang sedang melakukan cicilan produktif seperti Rumah atau Modal Usaha. Dalam formasi ini juga kamu dapat hadiahkan sesuatu yang berharga untuk dirimu sendiri (self reward) sebagai apresiasi kerja kerasmu dan juga dapat melakukan amal ibadah maupun kebaikan bagi orang lain.

 

• Formasi: 4-4-2

40% Biaya Hidup

40% Investasi Reksa Dana

20% Cicilan Produktif / Self Reward

Dalam formasi ini, kamu lebih fokus untuk investasi Reksa Dana dengan alokasi 40% dari pendapatan mu, namun disisi lainnya alokasi seperti cicilan produktif atau self reward cukuplah rendah. Positifnya kamu dapat meningkatkan dengan maksimal investasi mu yang dikemudian hari dapat berbuah dengan lebat.

• Formasi: 4-3-3

40% Biaya Hidup

30% Investasi Reksa Dana

30% Cicilan Produktif / Self Reward

Formasi ini bertujuan untuk menstabilkan investasi Reksa Dana dan cicilan produktif dengan alokasi masing-masing 30%. Formasi ini biasanya bagi kamu yang sedang memulai usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang membutuhkan pembiayaan namun disatu sisi kamu tetap ingin investasi Reksa Dana dengan optimal. 

• Formasi: 4-5-1

40% Biaya Hidup

50% Investasi Reksa Dana

10% Amal / Kebaikan

Formasi kali ini cukup unik dimana diluar biaya hidup, kamu fokuskan hanya untuk investasi Reksa Dana dan melakukan Amal ibadah. Formasi ini pada umumnya bagi kaum millenial yang belum ada cicilan produktif. Sisi positifnya, peningkatan modal investasi mu semakin besar sehingga nilai pertumbuhannya juga akan semakin maksimal. 

Kalau kamu lebih pilih formasi yang mana? Yuk mulai berinvestasi Reksa Dana di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Masih Awam Investasi? Pakai Fitur Makmur Pro!