NEWS

Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Bagi Kaum Millenial!

Tim Makmur, 03 Agustus 2022

Ilustrasi Anak Sekolah (Sumber: stokpic | Pixabay)

Berbicara tentang Dana Pendidikan Anak bagi kaum Millenial memang cukup bervariasi karena rentang umurnya di tahun 2022 ini cukuplah jauh yaitu 26 – 41 tahun. Bagi yang berumur 36 tahun keatas mungkin sudah paham betul tentang berapa besar sih Dana Pendidikan Anak.

Disini kita akan lebih membahas bagi kaum yang masih berumur 26 – 35 tahun yaitu bagi yang sedang mencari jodoh, sedang pacaran, barusan nikahan, sedang hamil, atau yang barusan punya si bayi kecil atau balita.

Sebelum kita membahas tentang caranya, kita perlu tahu dulu kenapa sih kita perlu mempersiapkan Dana Pendidikan Anak sejak dini. 

• Kenaikan biaya pendidikan (inflasi)

Dulu waktu kalian masih di jenjang pendidikan sekolah dasar, kurang lebih sekitar 20 tahun lalu, pernahkah kalian menanyakan ke orang tua kalian berapa sih biaya uang sekolah dari uang pangkal hingga SPP bulanan? 

Yah tentu bervariasi tergantung kalian tinggal di kota mana, namun harganya sudah jauh berbeda dengan saat ini. Kalau dulu uang pangkal masuk SD masih ada yang matok 500 ribu, saat ini di sekolah swasta di Jakarta paling murah sudah mencapai 11 juta.

500 ribu ke 11 juta dalam 20 tahun itu naik berapa kali lipat yah? 22 kali lipat atau dalam persennya 2200%! Terlepas dari krisis tahun ‘90an yang mengakibatkan inflasi besar-besaran, namun poin penting yang kita perlu catat yaitu biaya uang sekolah anak terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini baru SD loh, belum ngomong SMP SMA dan Perguruan Tinggi.

• Kualitas Pendidikan

Kalau kita tadi sudah membahas tentang biaya uang sekolah, nah sekarang kita membahas tentang kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah. 

Pada umumnya semakin tinggi kualitas sekolahnya maka semakin mahal pula harganya. Kualitas sekolah diukur dari macam-macam uji kelayakan dengan standar yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) yang kemudian akan dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah.

Untuk masa depan anak yang lebih baik, tentu sebagai (calon) orang tua, kalian pasti akan memilih sekolah yang terbaik. Maka dari itu Dana Pendidikan Anak tersebut perlu kalian persiapkan sejak saat ini agar kalian nantinya lebih leluasa dalam memilih sekolah.

Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Poin-poin penting yang perlu kalian catat dalam mempersiapkan Dana Pendidikan Anak:

Pertama: Catat Pengeluaran Dan Pemasukanmu Bulananmu

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak bukan berarti kalian mengorbankan kebutuhan hidup kalian seperti makanan dan biaya tempat tinggal.

Kalian harus mengetahui berapa besar rata-rata pengeluaran dan penghasilan bulananmu, caranya yaitu dengan mencatatnya secara detail.

Kedua: Prioritaskan Pengeluaran Untuk Biaya Hidup

Setelah mencatat seluruh pengeluaranmu, saatnya kamu memilah-milah yang mana yang kebutuhan hidup yang mana yang bukan. Seperti contoh kalian berencana ingin beli HP baru untuk ikut tren padahal HP sekarang belum berumur 1 tahun dan masih bagus serta layak pakai, maka pengeluaran ini kalian bisa coret.

Tentu masih banyak lagi hal-hal lainnya yang kalian bisa pilah-pilah, tapi kalau kebutuhan hidup jangan kurang-kurangi yah.

Ketiga: Siapkan Ini Sebelum Dana Pendidikan Anak

Setelah mengetahui berapa rata-rata biaya hidupmu perbulan, bagi yang belum ada maka persiapkanlah terlebih dahulu Dana Daruratmu yaitu sebesar 6 kali biaya hidup bulananmu ini. Kenapa?

Agar sewaktu-waktu ketika ada biaya yang timbul diluar dugaan, kalian dapat menggunakan Dana Darurat ini tanpa harus mengambil dari tabungan Dana Pendidikan Anak, ingat untuk selalu pisahkan 2 hal ini.

Keempat: Persiapkan Dana Pendidikan Anak Dengan Cara Ini

Setelah semuanya sudah tersedia, sekarang saatnya untuk mulai menabung untuk Dana Pendidikan Anak. Kita perlu mengetahui estimasi biaya pendidikan saat ini, butuh berapa tahun hingga (calon) anak kalian memasuki jenjang tersebut dan dimana Dana Pendidikan Anak perlu kita persiapkan yaitu sebagai berikut:

Misalkan sudah mengetahui besaran yang perlu ditabung per bulannya, selanjutnya kalian hanya perlu konsisten untuk selalu menabung Reksa Dana disetiap bulannya.

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur 

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Baca juga: Tips Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Mengelola Keuangan Keluarga!

Website: Makmur.id