FAQ

Apa Saja Jenis-Jenis Reksa Dana?

Sebenarnya untuk jenis-jenis Reksa Dana sangatlah banyak dan bervariasi, namun kita coba mulai dari yang paling dasar terlebih dahulu yaitu Reksa Dana Konvensional, antara lain:

1. Reksa Dana Pasar Uang

(Risk = Rendah) (Return = Rendah)

Reksa Dana Pasar Uang adalah Reksa Dana yang hanya melakukan investasi pada:

a. Instrumen pasar uang dalam negeri; dan/atau 

b. Efek bersifat utang yang:

  • Diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 (satu) tahun; dan/atau
  • Sisa jatuh temponya tidak lebih dari dari 1 (satu) tahun.

Reksa Dana Pasar Uang sangat cocok kepada investor pemula karena memiliki resiko investasi yang rendah namun memiliki potensi return yang juga relatif rendah dibanding jenis Reksa Dana lainnya.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

(Risk = Menengah Rendah) (Return = Menengah Rendah)

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat utang. 

Reksa Dana Pendapatan Tetap ini memiliki resiko investasi yang masuk dalam kategori menengah rendah, namun juga memiliki potensi return yang juga menengah rendah.

3. Reksa Dana Campuran

(Risk = Menengah Tinggi) (Return = Menengah Tinggi)

Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang melakukan investasi pada Efek bersifat ekuitas, Efek bersifat utang, dan/atau instrumen pasar uang dalam negeri yang masing-masing paling banyak 79% (tujuh puluh sembilan persen) dari Nilai Aktiva Bersih, dimana dalam portofolio Reksa Dana tersebut wajib terdapat Efek bersifat ekuitas dan Efek bersifat utang.

Sesuai namanya, Reksa Dana Campuran berinvestasi di macam-macam aset investasi seperti instrumen pasar uang, obligasi maupun saham. Karena dalam portofolio Reksa Dana Campuran memiliki instrumen saham, maka kategori resiko Reksa Dana Campuran adalah menengah tinggi, begitupula dengan potensi returnnya yaitu menengah tinggi.

4. Reksa Dana Saham

(Risk = Tinggi) (Return = Tinggi)

Reksa Dana Saham adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat ekuitas.

Diantara berbagai jenis Reksa Dana, jenis Saham yang memiliki resiko paling tinggi, namun tentunya juga memiliki potensi return yang paling tinggi diantara Reksa Dana lainnya.

Dari berbagai jenis Reksa Dana ini, MAKMUR akan membantu kamu untuk mengelompokkan Reksa Dana berdasarkan resikonya dan Reksa Dana nya pun telah dipilih yang terbaik untuk kamu. Yuk langsung Download Aplikasi MAKMUR melalui Link dibawah ini :

Android : Play Store 

IOS : App Store 

Website : Makmur.id