NEWS

Apa Kabar Resolusi Keuangan Awal Tahun 2023?

Tim Makmur, 21 Juli 2023

Tak terasa tahun 2023 sudah berlalu lebih dari 6 bulan. Biasanya kebanyakan orang akan melupakan resolusi apa yang sudah pernah dibuat saat awal tahun.

Melansir dari katadata.co.id, Menurut survei JakPat, mayoritas atau 68,8% orang Indonesia rutin membuat resolusi setiap tahun baru. Menyambut tahun 2023 ini, sebagian besar responden (61,1%) punya resolusi untuk menabung lebih banyak.

Lalu, sudah berapa persen proses resolusi keuanganmu hingga saat ini?

Baca Juga: Inflasi Amerika Serikat Mereda, Apakah Investasi Reksadana Semakin Menarik?

Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan Tahun 2023

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat berapa persen proses resolusimu hingga saat ini.

1. Cek kembali target yang sudah dibuat awal tahun

Salah satu cara paling mudah adalah melihat kembali catatan tentang resolusi keuanganmu di awal tahun. Misal, kamu pernah membuat target memiliki Rp 100 juta pertama di tahun 2023 ini.

Dari situ kamu bisa melihat berapa prosesmu hingga saat ini dengan tabungan yang kamu miliki. Misal, kamu sudah punya Rp 30 juta dari tujuan targetmu maka saat ini proses sudah mencapai 30%.

Setelah mengetahui berapa persen target keuanganmu saat ini bisa mengingatkan kembali tujuan awal kamu membuat target keuangan ini. Apakah hanya ingin mengumpulkan tabungan saja atau ingin membeli rumah atau barang-barang lainnya.

2. Buat rencana kedepannya dari data saat ini

Setelah mengetahui data 30% maka kamu mulai mengejar 70% yang belum tercapai. Seperti contoh berarti ada Rp 70 juta yang harus kamu kejar hingga akhir tahun ini.

Misal di tahun 2023 ini masih tersisa 5 bulan lagi. Maka dari Rp 70 juta tersebut bisa kamu bagi dalam 5 bulan sehingga per bulan kamu bisa mengejar target dengan Rp 14 juta per bulan.

Dengan melakukan penyesuaian per bulan maka akan membuat target lebih terjangkau dan tidak terasa berat.

3. Cari cara untuk mewujudkan resolusi yang belum tercapai

Dengan melihat nominal target perbulan yang belum tercapai maka kamu bisa mulai buat strategi cari cara untuk mewujudkan resolusi.

Misal, kamu bisa mulai lebih banyak menabung atau mencari uang tambahan diluar pekerjaan utama mu sehari-hari. Dengan begitu, maka akan lebih mudah dan cepat tercapai daripada hanya menyisihkan uang jika ingat tanpa ada usaha untuk mencari cara mewujudkannya.

Lakukan review setiap bulannya apakah masih sesuai dengan rencana dan target resolusi yang kamu buat. Jika tidak, kamu bisa merubah strategi agar target resolusi 2023 tetap tercapai tanpa harus berserah diri tanpa melakukan apapun.

Baca Juga: Gaya Hidup Minimalis Bisa Bikin Kamu Tambah Cuan, Gimana Caranya?

***

Yuk mulai investasi Reksa Dana di Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id