FAQ

Apa Saja Keuntungan Berinvestasi di Reksa Dana?

Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manager Investasi.

Reksa Dana bisa diilustrasikan seperti sebuah makanan yang dibuat oleh seoarang koki, dalam hal ini Manajer Investasi sebagai kokinya dan aset-aset investasi yaitu bumbu masak yang dituangkan ke dalam makanan. Makanan tersebut cukup bervariasi, ada manis, asam, asin, pedas, ada pula yang semuanya ada dalam satu makanan. 

Pertanyaannya makanan mana yang paling enak? Diantara makanan pedas, tentunya ada makanan pedas yang paling enak, namun apakah cocok di lidah semua orang? Tentunya semuanya kembali lagi kesukaan masing-masing orang yang memakan makanan tersebut, sebab belum tentu semua orang suka makanan pedas, begitu pula pada makanan manis, asam & asin.

Reksa Dana memiliki berbagai macam jenis dimulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran hingga Reksa Dana Saham. Masing-masing jenis Reksa Dana memiliki karakteristik pengelolaan yang berbeda-beda baik dari tingkat return maupun risikonya yang tentunya perlu disesuaikan dengan profil masing-masing investor.

Keuntungan Reksa Dana

Beberapa keuntungan yang kamu bisa dapatkan melalui berinvestasi di Reksa Dana antara lain:

1. Modal investasi kecil

Kamu sudah dapat berinvestasi Reksa Dana dimulai dari Rp 10.000 dan tentunya semua pilihan Reksa Dana terbaik sudah bisa kamu temukan di Aplikasi MAKMUR lho.

2. Fleksibel

Reksa dana dapat digunakan untuk berinvestasi dalam berbagai jangka waktu. Mulai dari singkat, menengah maupun panjang tergantung dari kebutuhan kamu. Untuk kebutuhan dana darurat kamu bisa investasi di jenis Reksa Dana Pasar Uang, atau kalau kamu mau persiapkan dana untuk masa depan, kamu bisa investasi di Reksa Dana Saham. Semua jenis Reksa Dana ini telah kami pilih yang terbaik dan semuanya kamu bisa temukan di Aplikasi MAKMUR.

3. Dikelola profesional

Dengan membeli Reksa Dana, uang kamu dikelola oleh para Manajer Investasi yang profesional lho. Kamu tidak perlu lagi bertransaksi jual beli saham / obligasi / aset investasi sendirian karena dalam satu unit Reksa Dana sudah terdiri dari beberapa aset investasi yang akan disesuaikan dengan karakteristik Reksa Dana itu. Jadi dengan modal kecil kamu sudah bisa memiliki beberapa jenis aset investasi lho.

4. Transparan

Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana dapat kamu ketahui setiap hari. Informasi kenaikan atau penurunan harga unit tersebut dipublikasikan baik melalui media cetak maupun daring. Melalui Aplikasi MAKMUR, kamu bisa langsung mengetahui NAB terbarunya tanpa harus mencari lagi di media cetak / daring.

5. Hasil investasi tidak dikenakan Pajak

Hasil investasi dari Reksa Dana sudah bersih dari pajak lho karena ini sudah diatur dalam UU Pajak Penghasilan Pasal 4, Ayat 3, Point I. Jadi Reksa Dana ini berbeda dengan instrumen investasi lainnya yang masih dikenakan Pajak.

Risiko Reksadana

Selain mengetahui berbagai keuntungan berinvestasi di Reksa Dana, kamu juga perlu mengetahui beberapa risiko Reksa Dana antara lain:

1. Berkurangnya NAB

Risiko berkurangnya NAB adalah risiko yang timbul karena menurunnya harga aset di dalam suatu portofolio Reksa Dana. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan harga aset dalam suatu portofolio Reksa Dana:

o Penurunan kinerja emiten/perusahaan

o Kondisi ekonomi baik nasional maupun global seperti kenaikan tingkat inflasi, tingkat suku bunga acuan, dan defisit neraca berjalan

o Stabilitas politik yang tidak kondusif

o Kondisi sosial seperti bencana alam dan keamanan

2. Likuiditas

Risiko Likuiditas adalah risiko yang timbul akibat pembayaran hasil penjualan kembali unit penyertaan Reksa Dana tidak dapat dibayarkan oleh Manajer Investasi. Jika aset atau efek dalam portofolio suatu Reksa Dana tidak likuid (sulit dicairkan), maka sulit bagi Manajer Investasi untuk menjual kembali portofolio Reksa Dana dalam waktu singkat, sehingga pembayaran hasil investasi kepada investor akan tertunda. Selain itu, jika terjadi force majeure, penjualan kembali unit penyertaan Reksa Dana juga dapat dihentikan untuk sementara.

3. Risiko Wanprestasi

Terjadi apabila dalam kondisi luar biasa, penerbit surat berharga yang menjadi objek investasi Reksa Dana mengalami kegagalan (default) dalam memenuhi kewajibannya.

Nah sekarang kamu sudah lebih mengerti mengenai Reksa Dana kan? Yuk tunggu apa lagi, kamu sudah bisa langsung memulai investasi mu melalui Aplikasi MAKMUR. 

Android : Play Store 

IOS : App Store 

Website : Makmur.id