Banyak investor yang masih kebingungan dalam memilih produk Reksa Dana yang memiliki kinerja bagus. Untuk membantu permasalahan tersebut, hadir fitur rating produk Reksa Dana yang bisa kamu gunakan.
Fitur Rating adalah salah satu fitur untuk membantu investor dalam memilih produk Reksa Dana dengan menggunakan sistem peringkat di setiap produk berdasarkan indikator Sharpe Ratio dalam bentuk gambar bintang. Semakin banyak bintangnya menandakan bahwa kinerja produk Reksa Dana tersebut lebih bagus dan begitu juga sebaliknya.
Sharpe Ratio adalah salah satu indikator metrik yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja Reksa Dana. Rasio tersebut merupakan ukuran kinerja portofolio yang dihitung berdasarkan perbandingan excess portfolio return dengan standard deviation.
Rumus untuk menghitung skor Sharpe Ratio adalah: (total return – risk free rate) /(total risk).
Skor Sharpe Ratio yang lebih tinggi menandakan bahwa kinerja performa reksa dana tersebut lebih baik karena reksa dana tersebut memiliki excess return yang lebih tinggi untuk setiap unit total risk (standar deviasi).
Dalam penggunaan fitur rating terdapat dua indikator. Pertama, untuk jenis Reksa Dana Saham, Pendapatan Tetap dan Campuran menggunakan indikator sharpe ratio. Kedua, jenis Reksa Dana Pasar Uang menggunakan indikator total return.
Untuk menghitung agregat skor produk Reksa Dana menggunakan bobot 60% untuk skor kinerja satu tahun terakhir dan 40% untuk skor kinerja dari tiga tahun terakhir.
Kemudian, agregat skor dari masing-masing reksa dana tersebut akan diurutkan sesuai dengan kategori tipe jenis Reksa Dana. Produk Reksa Dana yang memiliki skor yang tinggi di setiap kategorinya akan ditandai dengan bintang 3,4, dan 5 oleh tim Makmur.
Produk Reksa Dana bintang 5 memiliki agregat skor yang lebih tinggi dari produk reksa dana bintang 3.
*****
“Kenapa ada lebih dari satu produk Reksa Dana yang memiliki bintang 5?”
Tim Makmur memperbolehkan lebih dari satu Reksa Dana memiliki bintang yang sama. Sobat Makmur hanya tinggal memilih produk yang mana karena dari segi performa, produk tersebut memiliki agregat skor yang mirip.
“Bagaimana produk yang tidak memiliki bintang?”
Untuk produk Reksa Dana yang tidak diberikan bintang memang bisa diakibatkan karena produk tersebut memiliki agregat skor yang lebih rendah. Selain itu, untuk produk Reksa Dana yang baru diluncurkan kurang dari satu tahun yang lalu, maka reksa dana tersebut juga belum memiliki data yang cukup untuk perhitungan dan belum bisa diberikan bintang