NEWS

5 Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan Biar Gak Cuma Wacana

Tim Makmur, 05 Januari 2023

Tahun baru selalu menjadi momen yang tepat untuk merumuskan resolusi keuangan. Harapannya dengan berganti tahun maka impian-impian dapat tercapai dengan semangat yang baru.

Namun, gak selalu resolusi dapat terlaksana. Menurut beberapa penelitian, tidak semua resolusi dapat terlaksana. Biasanya orang-orang akan semangat pada minggu-minggu awal awal tahun saja. Sisanya lupa dan kembali pada kebiasaan lamanya.

Lalu, bagaimana cara mewujudkan resolusi keuangan anti wacana?

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Awal Tahun 2023 Agar Tetap Optimal  

Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk mewujudkan resolusi keuangan di tahun 2023:

1. Buat target keuangan yang spesifik dan terukur

Misalnya, kamu ingin punya resolusi keuangan untuk mendapatkan Rp50 juta pertamamu. Kamu bisa menyimpan uang sebesar Rp50 juta dalam setahun atau mengurangi utang dan konsumsi hingga sebesar 50% agar dapat terkumpul.

Buat target yang jelas dan mudah diukur agar kamu dapat mengetahui seberapa progress kamu mencapainya. Apakah masih 10% atau 25% dan seterusnya.

2. Buat anggaran pengeluaran bulanan

Membuat anggaran adalah cara terbaik untuk memantau pengeluaranmu dan memastikan bahwa tidak ada pengeluaran yang keluar dari jalur.

Buat daftar pengeluaran yang diperlukan setiap bulan, termasuk tagihan, cicilan, dan pengeluaran sehari-hari. Semakin rajin dan teratur akan membuat semakin bijak dalam mengelola pengeluaran dan fokus pada mewujudkan resolusi keuangan.

3. Mulai menabung

Menabung adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai resolusi keuangan yang ingin kamu wujudkan.

Mulailah menyisihkan sebagian pendapatanmu setiap bulan untuk menabung. Jika kamu memiliki utang, prioritaskan pembayaran utang terlebih dahulu sebelum menabung.

4. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Cari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, seperti mengurangi uang untuk makanan di luar atau belanja yang tidak diperlukan. Ini dapat membantu kamu menyimpan uang lebih banyak.

Godaan terbesar dalam mewujudkan resolusi adalah banyak pengeluaran yang tak terduga sehingga dengan mengurangi pengeluaran akan membantu proses mewujudkan resolusimu. Mulai anggarkan membuat dana darurat agar kamu punya simpanan buat pengeluaran yang tidak perlu.

5. Mulai investasikan uangmu

Setelah kamu memiliki dana darurat yang cukup dan telah mengurangi utangmu, pertimbangkan untuk menginvestasikan uang. Investasi dapat membantu kamu meningkatkan nilai uang dalam jangka panjang.

Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih adalah Reksa Dana. Beragam jenis Reksa Dana akan membantumu untuk mewujudkan resolusi keuanganmu tahun 2023. Kamu bisa menggunakan aplikasi Makmur untuk dapat investasi Reksa Dana dengan mudah dan banyak promo yang bisa kamu manfaatkan.

Lima cara diatas merupakan cara untuk mewujudkan resolusi keuangan mungkin tidak mudah, tetapi dengan komitmen dan disiplin, kamu dapat mencapai tujuan keuangan. Selalu ingat untuk terus memonitor keuangan Anda dan mengambil langkah-langkah kecil setiap bulan untuk dapat melihat kemajuan prosesmu sepanjang tahun.

Baca Juga:
Kinerja Reksa Dana Terbaik Sepanjang 2022, Ada Pilihanmu?

***


Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id