NEWS

5 Cara Menghadapi Kondisi Generasi Sandwich yang Kamu Alami

Tim Makmur, 26 Juli 2023

Beberapa tahun terakhir, banyak orang yang mulai menyadari bahwa kondisi yang dialami saat ini merupakan ciri-ciri kondisi dari Generasi Sandwich. Apakah kamu sudah pernah mendengar sebelumnya atau baru pertama kali mengetahuinya tentang istilah Generasi Sandwich?

Istilah ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 oleh seorang Profesor sekaligus direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat bernama Dorothy A. Miller.

Lalu seperti apa itu Generasi Sandwich?

Baca Juga: Apa Kabar Resolusi Keuangan Awal Tahun 2023?  

Pengertian Generasi Sandwich

Generasi sandwich adalah mereka yang punya peran ganda dalam urusan keuangan karena harus membiayai tiga generasi yaitu dirinya sendiri, orang tua, dan anak.

Kondisi tersebut dianalogikan seperti sandwich dimana sepotong daging terhimpit oleh 2 buah roti. Roti tersebut diibaratkan sebagai orang tua (generasi atas) dan anak (generasi bawah), sedangkan isi utama sandwich berupa daging, mayonnaise, dan saus yang terhimpit oleh roti diibaratkan bagai diri sendiri.

Generasi sandwich terjadi pada seseorang baik pria maupun wanita yang biasanya memiliki rentan umur dari 30 hingga 50 tahun.

Mengutip dari Carol Abaya, seorang Aging and Elder Care Expert membagi generasi sandwich menjadi tiga ciri berdasarkan perannya:

1. The Traditional Sandwich Generation

Orang dewasa berusia 40 hingga 50 tahun yang dihimpit oleh beban orang tua berusia lanjut dan anak-anak yang masih membutuhkan finansial.

2. The Club Sandwich Generation

Orang dewasa berusia 30 hingga 60 tahun yang dihimpit oleh beban orang tua, anak, cucu (jika sudah punya), dan atau nenek kakek (jika masih hidup).

3. The Open Faced Sandwich Generation

Siapapun yang terlibat dalam pengasuhan orang lanjut usia, namun bukan merupakan pekerjaan profesionalnya (seperti pengurus panti jompo) termasuk ke dalam kategori ini.

Cara Menghadapi Kondisi Generasi Sandwich

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi kondisi tersebut:

1. Komunikasi yang efektif

Terbuka dan jujur berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya tentang situasi yang dihadapi. Diskusikan tugas dan tanggung jawab secara adil sehingga semua orang dapat membantu sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

2. Carilah dukungan

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga lain atau teman-teman. Dukungan dari orang lain dapat sangat membantu mengurangi beban dan memberikan kesempatan untuk bersantai sejenak.

3. Manajemen waktu

Atur waktu dengan bijak dan buat jadwal untuk membagi peran Anda sebagai orang tua dan anak-anak Anda. Gunakan alat bantu seperti kalender atau aplikasi pengingat untuk mengatur jadwal rutin dan peristiwa penting.

4. Kelola keuangan dengan bijaksana

Kelola keuangan keluarga dengan bijaksana, terutama jika ada beban finansial yang meningkat akibat perawatan orang tua atau pendidikan anak-anak. Buat anggaran dan pertimbangkan konsultasi dengan seorang ahli keuangan untuk membantu merencanakan keuangan keluarga Anda.

5. Pelajari dan cari informasi

Carilah informasi lebih lanjut tentang sumber daya dan layanan yang tersedia untuk mendukung kondisi Sandwich Generation. Misalnya, fasilitas perawatan lansia, kelompok dukungan, atau program bantuan lainnya.

Ingatlah bahwa menghadapi peran ganda sebagai anggota Sandwich Generation tidak mudah, tetapi dengan perencanaan, dukungan, dan perhatian pada diri sendiri, Kamu dapat mengatasi tantangan ini dan merawat orang-orang yang kamu cintai dengan penuh kasih dan perhatian.

Baca Juga: Baca Juga: Inflasi Amerika Serikat Mereda, Apakah Investasi Reksadana Semakin Menarik?
 

***

Yuk mulai investasi Reksa Dana di Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id