NEWS

5 Cara Mencegah Impulsive Buying di Awal Tahun

Tim Makmur, 11 Januari 2023

Pergantian tahun selalu identik dengan persiapan resolusi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satu resolusi yang bisa kamu buat adalah merubah kebiasaan impulsive buying yang kamu miliki.

Ternyata perilaku yang kerap disebut impulsive buying ini dampaknya cukup buruk bagi kondisi keuanganmu. Rencana keuangan bulanan yang sudah kamu buat setiap bulan dapat berantakan karena kebiasaan buruk satu ini.

Nah, supaya tidak mudah mengalami hal tersebut ada baiknya mulai merubah agar tidak punya kebiasaan impulsive buying kedepannya.

Baca Juga: Mengenal Fenomena January Effect Setiap Awal Tahun  

Pengertian Impulsive Buying

Pengertian Impulsive Buying adalah perilaku yang menandakan seseorang yang gemar membeli suatu hal tanpa adanya rencana sehingga tidak memikirkan tujuan, fungsi, dan konsekuensi dari pembelian barang tersebut.

Bisa dibilang, pembelian ini dilakukan karena adanya suatu dorongan yang mempengaruhi segala tindakannya. Bisa karena penempatan barang yang menarik, diskon besar-besaran, hingga kemudahan yang terdapat pada setiap pembelian barang.

Cara Mencegah Perilaku Impulsive Buying

Beberapa cara untuk mencegah impulsive Buying atau pembelian impulsif seperti:

1. Membuat daftar belanja

Membuat daftar belanja sebelum berbelanja ke supermarket terdekat dapat membantu kamu tetap fokus pada barang yang benar-benar diperlukan dan meminimalkan pembelian yang tidak perlu.

2. Membuat anggaran tiap bulan

Membuat anggaran bulanan dapat membantu kamu untuk mengatur pengeluaran dan menentukan berapa banyak uang yang dapat kamu belanjakan tanpa merusak kondisi keuanganmu.

3. Menunggu sebelum membeli

Memberi diri kamu waktu untuk berpikir sebelum membeli sesuatu dapat membantu kamu menentukan apakah benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya tergoda untuk sementara.

4. Memperhatikan harga

Membandingkan harga dari berbagai toko dapat membantu kamu mendapatkan harga terbaik dan meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu.

5. Menghindari belanja online

Belanja online dapat menjadi sangat mudah dan menyenangkan, tetapi juga dapat menyebabkan kamu terlalu mudah tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Cara-cara sederhana diatas dapat kamu terapkan untuk mengontrol perilaku impulsive buying yang kamu miliki. Agar tidak terjadi impulsive buying kamu bisa kontrol gaji bulanan dengan menyisihkannya dan mulai untuk investasi.

Baca Juga: 5 Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan Biar Gak Cuma Wacana
 

***

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id