NEWS

4 Tips Mengatur Uang yang Baik di Usia 25-an

Tim Makmur, 10 Agustus 2022

Ilustrasi Wanita Umur 25 (Sumber: sofiiashunkina | Envato)

Usia 25 tahun bagi sebagian banyak orang merupakan salah satu titik permulaan menuju kehidupan yang lebih serius. Selain memilih pasangan hidup, mengatur uang lebih serius hingga punya penghasilan tetap dan cukup untuk bekal masa depan.

Jadi tidak heran kalau masa ini dikenal sebagai usia produktif untuk berkarya. Nah, berikut ada panduan lengkap mengatur uang di usia 25 tahun yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengelola finansial demi masa depan yang lebih terjamin.

Apa sajakah itu?

Baca Juga: Jangan Sampai Kalian Korbankan Ini Demi Capai Tujuan Kalian!  

Tips Mengatur Uang Usia 25

Ada banyak tips yang bisa kamu lakukan agar usia 25 tahun dapat mempersiapkan masa depan dengan mulai mengatur uang sejak dini.

1. Mulai menabung dari hasil kerja keras

Mumpung masih muda, manfaatkan sebaik mungkin waktumu untuk berkarya dan kerja keras. Pundi-pundi dari hasil kerja keras dapat kamu tabung untuk mempersiapkan masa depanmu.

Menabung wajib dimasukkan dalam daftar prioritas utama saat menyusun rencana keuangan oleh siapa pun, terutama kamu yang sekarang berusia 25 tahunan. Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambah usia, semakin besar pula dana yang dibutuhkan.

Misalnya untuk persiapan menikah, membeli rumah, menyiapkan pendidikan anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal-hal seperti ini wajib dipikirkan sejak dini agar tidak kerepotan atau merepotkan banyak orang nantinya.

Jadi, menabunglah sejak dini daripada repot berhutang sana-sini.

2. Persiapkan dana darurat

Selalu ingat bahwa keadaan darurat bisa terjadi kapanpun dan dimanapun tanpa direncanakan sebelumnya. Seperti kecelakaan, meninggal dunia, PHK, dana pendidikan yang mendesak, atau saat kamu betul-betul sudah tidak punya uang.

Nah, agar tak pusing, kamu perlu menyiapkan dana darurat dari jauh-jauh hari. Kalau memungkinkan, sebaiknya dana darurat jangan dicampur dengan uang tabungan. Buat pos khusus untuk ini, dan pakai hanya ketika betul-betul diperlukan.

Besaran dana darurat untuk kamu yang masih single sebesar 3-6 kali pengeluaran bulanan. Besaran dana darurat untuk kamu yang sudah berkeluarga sebesar 6-12 kali pengeluaran bulanan.

3. Punya investasi untuk masa depan

Investasi merupakan salah satu perencanaan masa depan yang wajib dilakukan oleh kamu yang berusia 25 tahun. Investasi yang ini berbeda dengan menabung karena investasi memiliki keuntungan dan risiko.

Produk investasi ada banyak seperti Reksa Dana, emas batangan, saham, properti dan masih banyak lagi yang lainnya. Pelajari dahulu plus minus masing-masing produk investasi agar kamu paham jika terjadi risiko penurunan nilai investasi.

Jika kamu sudah berani memulai dan konsisten untuk berinvestasi maka uang dari hasil investasi dapat kamu pakai untuk mencapai masa depan seperti menikah, kuliah S2, beli mobil dan lainnya.

4. Rencanakan dana pensiun sejak dini

Biasanya untuk usia 25-an merasa bahwa merencanakan dana pensiun masih terlalu jauh dan dianggap hal yang tidak terlalu penting untuk saat ini. Namun, tentu tak ada salahnya jika kamu juga menyiapkan tabungan khusus pensiun mulai dari sekarang.

Persiapan dana pensiun ini bisa berupa investasi, bisnis, atau yang lainnya. Dana pensiun ini akan sangat diperlukan kelak ketika kamu sudah tak lagi bekerja dan memiliki penghasilan tetap.

Dengan begitu, kamu bisa menikmati masa pensiun bersama keluarga dengan tenang tanpa dipusingkan oleh urusan pemasukan untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Apalagi kebutuhan sehari-hari terus berjalan tanpa ada pemasukan dari pekerjaan tetap.

Empat tips diatas dapat membantumu untuk mengatur uang yang baik di usia 25-an. Hal yang terpenting adalah langsung action dan konsisten!

Baca Juga: Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Bagi Kaum Millenial!  

_________________________________________________________________________

Mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur