NEWS

4 Kebiasaan Buruk Mengelola Gaji Bikin Makin Boros

Tim Makmur, 11 Agustus 2022

Ilustrasi Kebiasaan Buruk Mengelola Gaji (Sumber: dragonimages | Envato) 

Salah satu keahlian yang harus dimiliki setiap orang saat ini adalah mengatur keuangan. Mengatur keuangan sangat berguna untuk menghindari kebiasaan buruk mengelola gaji. Mungkin terdengar sangat sederhana bagaimana kita mengatur pengeluaran agar tidak lebih dari pemasukan setiap bulannya. Apakah semudah itu?

Dalam mengelola uang tidaklah mudah sebanyak apapun penghasilan yang dimiliki tentu saja ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak sengaja kita lakukan. Kebiasaan tersebut ternyata membawa dampak buruk dalam kondisi keuangan setiap bulannya.

Baca Juga: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Reksa Dana?  

Kebiasaan Buruk Mengelola Gaji

Terdapat kebiasaan buruk mengelola gaji yang tanpa sadar dilakukan. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihindari.

1. Malas Membuat Rencana Keuangan 

Kebiasaan buruk paling utama adalah malas membuat rencana keuangan bulanan. Padahal ini wajib kamu lakukan agar dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran bulanan.

Tidak heran jika banyak yang merasa bahwa gaji selalu numpang lewat rekening begitu saja. Tanpa persiapan dan rencana awal yang baik maka jangan kaget kamu akan sering lupa kemana saja uang yang kamu gunakan selama ini

Untuk membantumu dalam mencatat pengeluaran jangan lupa gunakan aplikasi perencanaan keuangan dari gadget mu yang dapat didownload melalui Playstore dan Appstore. Selain lebih mudah mencatat menggunakan aplikasi, juga lebih praktis.

2. Perilaku Impulsif dalam berbelanja

Sering merasa ingin membeli semua barang ketika lagi jalan di mall tanpa pikir panjang? Kamu tidak sendirian. Banyak yang masih memiliki sifat impulsif yang dimana sebuah tindakan tanpa memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu.

Padahal belum tentu kita butuh barang tersebut tetapi ada dorongan dimana ingin membelinya khawatir akan harganya yang kembali naik jika sudah tidak ada diskon.

Biasanya penyebab sifat impulsif ini adalah tidak bisa mengontrol apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Seakan-akan semua yang kita liat harus kita miliki padahal belum tentu dibutuhkan. Bisa boros banget setiap bulan seperti itu.

3. Tidak punya tujuan investasi

Minimnya pengetahuan tentang investasi memang menjadi kendala sebagian orang dan menganggap bahwa investasi itu selalu rumit dan tidak ada tujuan. Anggapan itu tentu saja tidak benar.

Tidak punya tujuan investasi dapat membuatmu menghabiskan gaji bulanan tanpa ada rencana yang jelas. Padahal, dengan tujuan investasi akan membantumu untuk mencapainya.

Saat ini setiap orang dapat membuat rencana investasi dengan mudah dan murah dengan investasi Reksa Dana. Reksa Dana dapat membantumu untuk mencapai tujuan investasi yang kamu inginkan seperti membeli kendaraan, rumah, jalan-jalan.

4. Bergantung pada kartu kredit setiap bulannya

Memiliki kartu kredit memang semakin mudah di era saat ini. Tawaran dari berbagai bank untuk memiliki kartu kredit memang menggiurkan dengan embel-embel bebas biaya administrasi dan promo menarik lainnya.

Terkadang dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan membuat orang tertarik untuk mengoleksi kartu kredit. Semakin banyak kartu kredit biasanya semakin lupa untuk jadwal pembayarannya yang membuat menjerat hutang si pemilik kartu tanpa disadari.

Dalam ilmu perencanaan keuangan ada batasan maksimal dalam penggunaan hutang setiap bulannya yaitu 30% dari pendapat bulanan. Pastikan kamu tidak terjerat dalam penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Empat kebiasaan buruk mengelola gaji diatas sudah selayaknya kamu jauhi demi tetap menjaga hidupmu terhindar dari pemborosan setiap bulannya.

Semuanya kembali ke tekad untuk mengendalikan diri. Mulailah dari sekarang dan selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Bagi Kaum Millenial!

_____________________________________________________________________________

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur 

Website: Makmur.id