NEWS

4 Cara Hindari Dampak Negatif FOMO dalam Kondisi Keuanganmu

Tim Makmur, 16 Januari 2023

FOMO atau Fear of Missing Out artinya seseorang takut untuk tertinggal dengan suatu hal tertentu. Kondisi FOMO juga dapat terjadi pada berbagai keputusan hidupmu seperti keputusan finansial yang dapat merugikanmu.

Misalnya ramai orang staycation di akhir pekan seperti di hotel dan kamu tergoda untuk menginap di sana. Dalam kondisi keuangan, FOMO dapat menyebabkan seseorang harus mengeluarkan uang lebih besar karena mengikuti tren yang kekinian.

Apalagi era sosial media yang membuat semua orang berlomba-lomba ingin terlihat paling duluan dalam mencoba hal baru. FOMO juga dapat mendorong seseorang untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan atau terlalu mahal, karena takut ketinggalan tren atau gaya hidup yang dianggap populer.

Hal ini dapat menyebabkan kesulitan keuangan jangka panjang, karena seseorang mungkin harus mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang seharusnya untuk membayar cicilan atau utang yang diakibatkan dari pembelian tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Impulsive Buying di Awal Tahun  

Cara Hindari Dampak Negatif FOMO

Untuk menghindari dampak negatif dari FOMO dalam kondisi keuangan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

1. Buat rencana dan tujuan keuangan yang jelas

Memiliki rencana keuangan yang jelas akan membantumu untuk tetap fokus pada tujuan finansial jangka panjang, sehingga tidak terpengaruh oleh FOMO. Kamu punya keinginan besar yang ingin dicapai? Misalnya membeli rumah tahun depan. Ingat-ingat soal goals ini ketika kamu tergoda untuk membeli sesuatu.

2. Jangan terlalu cepat membuat keputusan

Jangan terlalu cepat untuk membuat keputusan hanya karena takut ketinggalan kesempatan. Sebaiknya lakukan riset dan analisis terlebih dahulu sebelum membuat keputusan terkait biaya yang akan kamu keluarkan agar dapat mengontrol pengeluaran.

3. Jangan terlalu banyak mengikuti tren

Ingatlah bahwa tren tidak selalu menjamin keuntungan finansial. Jangan terlalu banyak mengikuti tren yang dianggap populer, karena ini dapat menyebabkan pembelian yang tidak perlu dan merugikan.

4. Jangan terlalu banyak membandingkan dengan orang lain

Jangan terlalu banyak membandingkan keadaan finansialmu dengan orang lain, karena ini dapat menyebabkan rasa tidak puas dan berujung pada kondisi FOMO yang dapat menyebabkan pengeluaranmu semakin membengkak.

Apakah selalu salah mengikuti tren yang ada? Sebenarnya gak ada yang salah dengan mengikuti tren. Akan jadi masalah kalau kamu gak bisa mengendalikan diri dan jadi FOMO.

Dengan mengetahui bahaya FOMO untuk finansial, tentunya jadi makin lebih berhati-hati nih agar enggak impulsif dalam berbelanja.

Baca Juga: Mengenal Fenomena January Effect Setiap Awal Tahun

***

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id