NEWS

4 Cara Bijak Untuk Mengatur Pendapatan Tambahan Milikmu

Tim Makmur, 02 September 2022

Ilustrasi mengatur pendapatan tambahan (Sumber: Envato)

Saat ini mencari pendapatan tambahan diluar gaji bulanan semakin mudah dengan berkembangnya teknologi. Kamu juga wajib bijak untuk mengatur pendapatan tambahan dengan bermodal internet untuk bisa bekerja paruh waktu / freelance.

Semakin mudahnya mendapatkan side job tersebut maka harus mulai mengatur waktu dan uang. Pendapatan tambahan pun juga beragam tidak hanya dari side job saja. Bisa juga dari hasil THR, bonus tahunan atau lainnya. 

Nah pendapatan tambahan juga menggiurkan jika dengan nominal yang besar. Namun, pendapatan tambahan jika tidak diatur dengan baik maka akan lebih mudah dihabiskan. 

Baca Juga: 3 Kebiasaan Ini Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak 

Mengatur Pendapatan Tambahan

Agar tidak lenyap untuk hal konsumtif, ada baiknya untuk mengatur pendapatan tambahan dengan beberapa cara ini.

1. Masukan uang ke tabungan

Apa yang harus dilakukan ketika mulai mendapatkan penghasilan tambahan? 

Langkah paling bijak pertama adalah langsung sisihkan uang untuk kemudian ditabung. Caranya bisa langsung mentransfer uang ke rekening khusus tabungan jauh lebih bermanfaat agar tidak menjadi satu dengan rekening operasional sehari-hari.

Langkah ini untuk mencegah dari godaan untuk membelanjakan hal yang tidak butuhkan. Pilihlah fasilitas tabungan yang memberikan manfaat lebih banyak jika dibandingkan dengan rekening bank operasional sehari-hari.

Menyiapkan tabungan memang sangat penting agar dapat menjaga uang untuk kebutuhan lainnya.

2. Sisihkan untuk menyiapkan dana darurat

Selain tabungan secukupnya, cara lain bisa dengan menyiapkan dana darurat dengan uang hasil dari pendapatan tambahan. 

Dana darurat untuk mempersiapkan dari kejadian atau musibah yang diluar dugaan dan tanpa rencana. Persiapkan dana darurat sebesar tiga hingga enam kali biaya pengeluaran setiap bulannya. 

Semakin cepat terkumpul maka semakin baik untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menambah porsi investasi

Salah satu cara terbaik untuk mengatur pendapatan tambahan adalah dengan menambah porsi investasi yang dimiliki saat ini. 

Sangat beragam instrumen investasi yang dapat dipilih salah satu yang aman adalah dengan investasi di Reksa Dana. 

Selain menambahkan asset yang dimiliki, dengan berinvestasi secara rutin akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari modal investasi. Alih-alih boros, akan berubah menjadi hasil yang berguna untuk masa depan.

Jangan lupa untuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko. Pilih yang memberikan keuntungan diatas inflasi tahunan agar tidak merugi.

4. Gunakan untuk berbagi

Hidup ini tidak hanya selalu terkait seberapa banyak investasi yang kita miliki tetapi juga seberapa banyak bisa memberikan apapun kepada keluarga dan orang tua. 

Ketika mengatur pendapatan tambahan, gunakan kesempatan itu untuk memberikan uang atau hadiah kepada keluarga yang dicintai. Beri juga hadiah yang berkesan dan memiliki nilai kegunaan. 

Apakah hanya untuk keluarga terdekat? Tentu saja tidak. Kamu dapat berbagi dan beramal sekaligus kepada siapapun seperti panti asuhan atau panti jompo.

Kalau perlu sekalian buat kegiatan bersama yang menarik dan berkesan. Percayalah uang yang dikeluarkan untuk berbagi ke sesama akan bernilai sangat besar bagi banyak orang dengan begitu akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa.

Beberapa cara diatas dapat dijalankan dengan membuat alokasi uang yang sesuai rencana yang dibuat dan tentu saja untuk tetap disiplin. 

Dengan disiplin maka dapat tetap menikmati uang hasil tambahan pendapatan dengan tepat dan pas sesuai manfaatnya untuk terhindar dari sifat boros.

Baca Juga: 3 Tips Hindari Boros Dalam Mengelola Gaji Fresh Graduate

_______________________________________________________________ 

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id