NEWS

3 Tips Mengelola Dana Darurat Dengan Aman

Tim Makmur, 15 Agustus 2022

Ilustrasi Mengelola Dana Darurat (Sumber: Prostock-studio | Envato)

Pernah mengalami kondisi genting dan mengharuskanmu keluar uang banyak dalam jangka waktu singkat? Tenang, kamu tentu saja tidak sendirian. Itu tandanya kamu sudah wajib mengelola dana darurat.

Semua orang pasti pernah mengalami kondisi tersebut biasanya untuk keperluan pengeluaran biaya kesehatan, kendaraan rusak, hingga meninggal dunia. Pengeluaran dadakan seperti itu memang harus diwaspadai.

Lalu, bagaimana cara mengelola dana darurat yang aman?

Baca Juga: 3 Masalah Keuangan Generasi Milenial yang Sering Terjadi  

Pengertian Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk keperluan mendesak dengan jangka waktu yang singkat. Mempersiapkan dana darurat memang sangat penting agar tidak mengganggu perencanaan uang lainnya.

Kalau tidak punya dana darurat bisa aja dana pendidikan anak atau dana lainnya yang sudah disiapkan malah terpakai. Karena sifatnya sangat mendadak, dana darurat menjadi pondasi paling awal dalam perencanaan keuangan. Lalu gimana cara mengelola dana darurat itu?

Mengelola Dana Darurat

Berikut beberapa cara mengelola dana darurat yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan Jumlah Dana Darurat

Para financial planner di Indonesia selama ini menyatakan bahwa setiap individu maupun keluarga harus mempersiapkan dana darurat dengan jumlah besaran 3-12 bulan kali pengeluaran kita.

Sebenarnya jumlah besaran itu tergantung kebutuhan. Misal jika belum berkeluarga jumlah besarannya cukup 4-6 bulan kali pengeluaran. Lain hal jika sudah berkeluarga maka dana darurat idealnya 6-12 bulan kali pengeluaran.

Setelah menentukan besarannya kemudian, kamu dapat memulai mengumpulkan dana darurat dari menyisihkan penghasilan di awal gajian atau memotong biaya-biaya yang tidak perlu.

2. Persiapkan Tempat Menyimpan Dana Darurat

Setelah kita menentukan besaran jumlah dana darurat langkah selanjutnya adalah memilih produk keuangan yang cocok.

Perlu diketahui untuk dana darurat lebih cocok dengan produk keuangan yang bebas risiko dengan imbal hasil yang lumayan. Salah satu tempat menyimpan dana darurat yang memiliki risiko kecil seperti Reksa Dana Pasar Uang.

Reksa Dana Pasar Uang adalah Reksa Dana yang memiliki portofolio investasi pada deposito dan memiliki surat utang (obligasi) jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Merupakan jenis Reksa Dana yang memiliki risiko sangat rendah.

3. Memantau Jumlah Dana Darurat

Langkah terakhir adalah memantau jumlah dana darurat berapa yang sudah terkumpul dan berapa sisanya. Kamu bisa menggunakan Aplikasi Makmur untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya dana darurat dengan berinvestasi pada Reksa Dana Pasar Uang.

Contoh: Pengeluaran bulanan sebesar Rp5 juta untuk kamu yang masing single. Maka dana darurat yang terkumpul minimal 3 kali gaji sebesar Rp15 juta.

Jika kamu menyisihkan uang Rp1 juta per bulan untuk dana darurat, maka ada 15 bulan lagi yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan dana darurat ideal. Kamu wajib pantau dan tetap konsisten untuk berhasil mewujudkan dana darurat.

Apakah dana darurat jumlahnya dapat direvisi? Tentu saja bisa. Kamu dapat menambahkan atau mengurangi dengan sesuai kebutuhan.

Demikianlah 3 tips mengelola dana darurat yang dapat kamu praktikan agar dana darurat cepat terkumpul dan aman dari risiko.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk Mengelola Gaji Bikin Makin Boros

_________________________________________________________________________________________

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id