NEWS

3 Tips Hindari Boros Dalam Mengelola Gaji Fresh Graduate

Tim Makmur, 30 Agustus 2022

Seorang fresh graduate yang telah menyelesaikan masa studi kuliah memang menjadi kebanggaan tersendiri. Sebagai fresh graduate, kamu akan memasuki dunia baru yang tentu saja berbeda dari dunia kuliah yang dimana sudah bekerja dan memiliki gaji sendiri.

Memasuki dunia kerja yang lebih dinamis yang dimana yang awalnya menjadi mahasiswa dengan keuangan yang terbatas lalu berubah memiliki penghasilan sendiri setiap bulannya.

Sayangnya tidak semua lulusan baru dibekali oleh pengetahuan yang baik dalam mengelola penghasilannya. Pengetahuan yang minim dalam pengelolaan gaji akan berdampak sulitnya terhindar dari sifat boros.

Apalagi jika masa-masa awal bekerja banyak sekali hal yang ingin dilakukan seperti berlibur dan makan-makan bersama teman dan keluarga.

Baca Juga: 3 Alasan Wajib Kamu Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan

Mengelola Gaji Fresh Graduate

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengelola gaji fresh graduate

1. Punya perencanaan keuangan sejak gaji pertama

Pengetahuan tentang perencanaan keuangan untuk seorang fresh graduate memang masih minim. Bagi sebagian orang menganggap bahwa perencanaan keuangan berguna ketika sudah berkeluarga saja padahal untuk semua kalangan.

Apalagi euforia gaji pertama yang didapatkan dapat membentuk kebiasaan untuk menghabiskan seluruh gaji untuk hal-hal konsumtif.

Biasanya dikarenakan euforia tersebut maka mulai membentuk pola pikir untuk pembenaran menghabiskan uang hasil keringat sendiri bahkan dapat berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.

Perencanaan keuangan yang baik dan benar dapat mencegah hal-hal tersebut. Dengan memiliki perencanaan keuangan maka kamu akan mencapai tujuan finansial yang ingin kamu kejar kedepannya tidak habis hanya untuk kegiatan konsumtif.

Langkah awal yaitu tentukan tujuan finansialmu untuk satu sampai lima tahun kedepan.

Kemudian tentukan besaran nominal yang ingin dicapai dengan melakukan alokasi anggaran agar tidak habis untuk konsumsi. Dengan menentukan tujuan diawal maka dapat memotivasi kamu untuk disiplin mengatur uang agar disiplin dalam menabung.

Mulai belajar cara mengelola uang dari gajimu. Berapapun gajimu saat ini maka harus pintar dalam mengelola agar tujuan mudah tercapai.

2. Wajib menyesuaikan gaji dengan gaya hidup yang dimiliki

Tidak sedikit dari para fresh graduate yang terlena dengan euforia gaji pertama. Biasanya di tahap ini maka banyak yang tidak menghiraukan besaran gaji yang dimiliki dengan gaya hidupnya.

Rata-rata fresh graduate memang tidak memiliki gaji setara dengan posisi lain yang sudah berpengalaman. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah menyesuaikan pengeluaran untuk gaya hidup dengan gaji bulanan yang dikelola.

Pengeluaran untuk gaya hidup dari nongkrong tiap hari bersama rekan kerja, membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, dan segala aktivitas konsumtif lainnya.

Maka dari itu haruslah pintar-pintar mengukur besaran biaya gaya hidup agar tidak boros.

3. Sisihkan uang untuk menabung dan investasi

Selain pemahaman perencanaan keuangan yang baik terbatas, pemahaman pentingnya menabung dan investasi juga demikian.

Pemahaman yang terbatas ini bisa membawa fresh graduate lebih mementingkan budaya hidup konsumtif daripada produktif. Banyak yang lebih senang menghabiskan gaji bulanan untuk membeli pakaian daripada berinvestasi seperti Reksa Dana.

Padahal dengan investasi maka uang mu akan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Investasi tidak membutuhkan dana yang besar, bahkan dari 10 ribu pun kamu sudah bisa berinvestasi Reksa Dana melalui aplikasi Makmur.

Mulai berinvestasi akan menjauhkanmu dari sifat boros. Berapapun gajimu sebagai fresh graduate jangan pernah untuk menunda berinvestasi.

Semua itu dapat dilakukan asalkan kuncinya adalah komitmen dan konsisten dalam menjalankannya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Untuk Kamu yang Bermimpi Punya Rumah Sendiri  

_______________________________________________________________

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id