NEWS

3 Manfaat Rutin Financial Check Up Setiap Bulan Yang Harus Kamu Ketahui

Tim Makmur, 29 Agustus 2022

Ilustrasi Financial Check Up (Sumber: Nateemee | Envato)  

Salah satu hal yang paling penting dalam perencanaan keuangan adalah rutin melakukan financial check up. Kebanyakan orang sudah memahami pentingnya melakukan medical check up tetapi tidak dengan financial check up.

Kalau medical check up akan dilakukan pemeriksaan tentang kondisi kesehatan lain hal dengan financial check up yang diperiksa adalah kondisi keuangan secara berkala.

Sudah seharusnya melakukan financial check up secara rutin menghindari resiko yang terjadi pada kondisi keuangan pribadi maupun keluarga. Oleh karena itu ada beberapa alasan yang harus kamu perhatikan betapa pentingnya financial check up

Baca Juga: Mau Liburan Hemat Bersama Keluarga? 3 Tips Ini Akan Membantumu!

Rutin Financial Check Up

Ada beberapa alasan kenapa rutin financial check up itu sangat penting:

1. Mengerti kondisi keuangan pribadi saat ini

Setiap bulan semua orang akan mendapatkan pemasukan dan pengeluaran. Tetapi tidak sedikit orang yang pengeluarannya lebih besar dari pemasukan. Apalagi jika merasa banyak uang yang harus dibayarkan untuk pengeluaran.

Jika hal tersebut saat ini sedang kamu rasakan, mungkin salah satu penyebabnya adalah tidak secara rutin melakukan pemeriksaan kondisi keuangan pribadi. Financial check up tersebut berguna untuk mengecek kembali semua pemasukan dan pengeluaran.

Pengecekan tersebut untuk melihat kemana saja uang yang kamu gunakan untuk pengeluaran dan dari mana saja pemasukan berasal. Informasi ini sangat penting agar kamu dapat segera menghemat pengeluaranmu dengan menguranginya.

Lakukanlah pengecekan kondisi keuanganmu setiap bulannya agar dapat menghemat penggunaan uangmu setiap bulannya.

2. Mengontrol diri dalam mengelola gaji

Saat melakukan financial check up akan memudahkan untuk mengetahui kondisi keuangan serta rincian pengeluaran yang membengkak. Dengan mengetahui rincian pengeluaran maka kamu dapat mengontrol diri untuk lebih baik dalam mengelola gaji.

Bukan tidak mungkin dengan mengurangi pengeluaran, akan berdampak positif pada kondisi keuanganmu. Alhasil, kondisi keuangan pun bisa surplus kembali sehingga kelebihan uang dari hasil surplus dapat digunakan untuk tabungan di masa yang akan datang.

Kondisi keuangan yang baik dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran.

3. Merencanakan tujuan keuangan di masa depanmu

Setelah mengetahui jumlah penghasilan serta pengeluaran setiap bulannya, kamu akan menjadi lebih handal dalam mengontrol keuangan. Dengan melakukan financial check up dapat membantu untuk mempersiapkan kemampuan finansial di masa depan.

Ketika kamu memiliki impian yang dituju dengan bantuan finansial maka dapat diwujudkan dengan perencanaan keuangan yang disiplin dan terjaga dengan baik.

Buat rencana berapa biaya yang akan kamu butuhkan dan tentukan jangka waktu yang ingin dicapai. Jadi, dengan melakukan financial check up secara berkala dapat memiliki gambaran tentang cara untuk mencapai impian atau kehidupan di masa depan.

Financial check up mungkin terdengar sepele, namun, ada banyak hal positif yang bisa didapatkan saat melakukan pengecekan kondisi keuangan secara rutin setiap bulanya.

Sudah mulai melaksanakan financial check up bulan ini?

Baca Juga: 3 Alasan Wajib Kamu Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan

_______________________________________________________________ 

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id