NEWS

3 Jenis Pendapatan Yang Dapat Kamu Miliki, Sudah Punya Mana Saja?

Tim Makmur, 09 September 2022

Ilustrasi Jenis Pendapatan (Sumber: Envato)

Setiap orang yang memiliki pekerjaan pastilah akan mendapatkan pendapatan atau penghasilannya setiap bulan. Secara umum, pendapatan dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang diterima oleh seseorang sesuai dengan hasil yang dilakukan atau diinvestasikan.

Dari pendapatan yang didapatkan setiap bulannya kemudian dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apalagi jika menjadi seorang kepala rumah tangga maka sebagian besar pendapatan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, istri hingga anak-anak.

Baca Juga: 3 Cara Cerdas Mengatur Keuangan untuk Freelancer 

3 Jenis Pendapatan 

Sebenarnya ada berbagai jenis pendapatan yang wajib diketahui agar dapat mengisi pundi-pundi uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apa saja itu?

1. Pendapatan Aktif

Pendapatan Aktif adalah pendapatan atau penghasilan rutin bulanan yang diperoleh seseorang atas hasil pekerjaan yang dijalankan setiap harinya. Pendapatan aktif ini seperti gaji, tunjangan, bonus dan sejenisnya.

Apakah pendapatan aktif hanya bisa satu sumber saja? Tentu saja tidak. Kamu dapat memiliki lebih dari satu sumber pendapatan aktif jika dapat bekerja lebih dari satu pekerjaan yang menghasilkan pendapatan berulang. 

Bisa dengan menjalankan pekerjaan sampingan seperti freelance, wirausaha dan lainnya.

2. Pendapatan Investasi

Jenis yang kedua ini akan sedikit berbeda dengan yang jenis pendapatan aktif.

Untuk jenis ini pendapatan yang dihasilkan oleh produk-produk investasi yang memiliki keuntungan jangka panjang mengalami kenaikan terus menerus contohnya Reksa Dana.

Kamu dapat menggunakan produk investasi yang legal dan terpercaya seperti Reksa Dana untuk menjadi tempat investasi dari modal yang dimiliki dengan cara investasi. Kemudian dalam jangka waktu tertentu akan mendapatkan pendapatan dari hasil investasi.

Pendapatan yang kamu miliki dari hasil investasi berbanding lurus dengan risiko investasi juga.

3. Pendapatan Pasif

Untuk yang ketiga ini pendapatan pasif didapatkan dari sistem yang telah bekerja tanpa harus khawatir dalam menjalankan sistemnya. Seperti bisnis sewa kosti, royalti dari menulis buku, affiliate marketing dan lainnya. 

Dengan adanya sistem tersebut menghasilkan pendapatan pasif yang dapat memberikan pemasukan berulang.

Walaupun memiliki berbagai jenis pendapatan maka kamu dapat mengambil pendapatan-pendapatan tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar meningkatkan penghasilan bulanannya. 

Jadi janganlah hanya bergantung pada satu pendapatan saja. Namun, sebanyak apapun pendapatan yang kamu miliki harus tetap bisa mengontrol pengeluaran agar tidak semakin boros. 

Kelola lah uangmu dengan sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Baca Juga: 4 Cara Bijak Untuk Mengatur Pendapatan Tambahan Milikmu
_______________________________________________________ ________

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id